Tips perawatan kenari yang terlalu galak di rumah dan di lapangan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selain faktor birahi berlebihan, burung kenari yang galak juga bisa disebabkan berbagai faktor lainnya seperti stres, atau justru karena burung terlalu jinak. Meski dalam beberapa kasus tidak terlalu mengganggu, namun jika kondisi tersebut dibiarkan, tentu bisa mengurangi penampilannya, khususnya saat akan dilombakan. Untuk mengatasinya, berikut ini tips perawatan kenari yang terlalu galak di rumah dan di lapangan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips merawat kenari yang terlalu galak
Kenari yang terlalu galak bisa mengganggu penampilannya di rumah dan di lapangan.

 

Kenari yang semula rajin bunyi / gacor, kemudian berubah menjadi galak, biasanya akan disertai dengan penurunan performanya. Burung tidak mampu berkicau maksimal seperti biasanya, karena sifatnya berubah jadi sangat agresif ketika dilombakan. Tangan kita pun akan dipatukinya saat mencoba mengganti pakan atau air minumnya.

Perubahan perilaku kenari seperti ini biasanya dipengaruhi berbagai faktor. Yang paling umum adalah faktor birahi yang berlebihan (over birahi / OB). Bisa juga karena burung stres akibat trauma atau terlalu lama dirawat sendirian tanpa pasangan. Bahkan kenari yang terlalu jinak pun bisa berubah menjadi sangat galak.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Jika kondisi ini terus dibiarkan atau tidak segera ditangani, tentu bisa mengganggu penampilannya pada waktu akan dilombakan, atau ketika mau dimanfaatkan sebagai burung masteran, atau sekadar dijadikan hiburan di rumah.

Mengatasi kenari yang terlalu galak memang bukan pekerjaan mudah. Berikut ini beberapa tips perawatan burung kenari yang terlalu galak, baik di rumah maupun di lapangan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Untuk meredam burung kenari yang terlalu galak, Anda bisa memberikan pakan yang sesuai, terutama pakan tambahan berupa sayuran. Beberapa jenis sayuran bisa diberikan secara berselang-seling setiap harinya yaitu daun sawi putih, mentimun, daun kemanggi, dan oyong.
  • Selama masa terapi / pemulihan, kenari sebaiknya tidak diberi pakan dengan kandungan protein tinggi karena dapat meningkatkan birahinya secara cepat. Jenis pakan yang perlu dikurangi / dihentikan dulu antara lain apel merah, telur rebus, tauge, krokot, dan kroto.
  • Melatih kenari dalam kandang umbaran bisa membantu meredam perilaku galaknya. Gunakan kandang polier yang luas dengan posisi tenggeran saling berjauhan.
  • Setiap kali kenari akan mematuki tangan kita karena birahinya terlalu memuncak, Anda bisa menyemprotnya dengan air secara halus, diarahkan ke bagian perut dan pangkal ekornya. Lakukan penyemprotan setiap kali kenari mencoba mematuki tangan kita.
  • Selain itu, mandikan kenari secara rutin. Hal ini bisa membantu meredam kondisi birahi kenari. Dalam hal ini, Anda bisa menyediakan bak mandi portabel atau cepuk berukuran besar yang berisi air, lalu dimasukkan ke dalam sangkar hariannya.
  • Bersihkan sangkar setiap hari agar dasar sangkarnya terbebas dari kotoran maupun sisa pakan bijian. Sangkar yang terlalu kotor bisa menjadi penyebab kenari mudah stres, sehingga muncul perilaku galaknya tersebut.
  • Untuk pencegahan, durasi penjemuran bisa dikurangi. Kalau biasanya menjemur kenari hingga 3-4 jam, maka selama masa terapi cukup dijemur pada pagi hari saja selama kurang lebih 1 jam.
  • Selama masa terapi dan sebelum dilakukan perawatan rutin seperti penjemuran, biasakan untuk menyemprot bagian perut dan kaki kenari, serta menyemprot tenggerannya.
  • Ada yang menganggap cara ampuh mengatasi perilaku galak pada kenari adalah memberikan pasangan. Tidak ada salahnya Anda menerapkan cara ini. Biasanya, setelah kawin, kondisi kenari akan pulih seperti sediakala.
  • Untuk kenari lomba, cara meredam perilaku galaknya bisa dilakukan dengan mengecasnya dengan kenari lain sebelum naik gantangan. Hal ini bertujuan agar kenari terlihat lebih tenang saat digantang sehingga bisa tampil maksimal.

Demikian tips perawatan kenari yang terlalu galak, baik di rumah maupun di lapangan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.