Solusi burung mogok makan voer setelah berpindah sangkar

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sering terjadi burung kicauan yang baru dibeli dari pasar maupun beli dari teman, tiba-tiba menjadi malas bahkan mogok makan voer setelah dipindah ke sangkar barunya. Burung lebih senang makan extra fooding seperti jangkrik atau ulat hongkong. Si pemilik baru pun galau, khawatir momongannya benar-benar tidak mau lagi makan voer, dan itu berarti dia harus menyediakan pakan serangga sepanjang hari. Untuk mengatasinya, berikut ini solusi burung yang mogok makan voer setelah berpindah sangkar.

Solusi burung yang mogok makan voer
Solusi burung yang mogok makan voer setelah berpindah sangkar.

Beberapa pemilik burung kicauan seperti murai batu, kacer, serta cucak hijau memang tidak selalu menjadikan voer sebagai pakan utamanya. Namun lebih banyak kicaumania yang mengandalkan voer sebagai pakan utama, dengan alasan lebih memudahkan dalam perawatannya, termasuk membuat burung bisa bertahan hidup lebih lama.

Tidak mengherankan apabila para kicaumania akan melatih burung yang baru dibelinya, terutama hasil tangkapan hutan, agar terbiasa dan mau makan voer. Hal ini biasanya diterapkan pada burung bakalan / muda hutan, bahkan lebih muda lagi.

Baca lagi: Metode 1 minggu agar burung mau makan voer

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tatkala kita membeli burung yang sudah bisa makan voer, baik dari pasar / kios burung, penangkar, teman, atau jual-beli online, terkadang proses selanjutnya tidak sesuai dengan harapan. Ketika burung dipindahkan ke sangkar barunya, ternyata malah malas makan voer, bahkan sama sekali tak mau menyentuh pakan kering tersebut.

Apa sebabnya? Penyebab utamanya tak lain burung mengalami stres akibat perjalanan / transportasi, atau lantaran perubahan suasana lingkungan.

Bisa juga stres akibat burung belum beradaptasi dengan sangkar baru dan aksesoris di dalamnya seperti tenggeran, wadah pakan, dan wadah air minum. Bahkan perubahan warna serta merek voer yang diberikan pemilik baru pun bisa memicu stres pada burung.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya burung sudah pernah memakan voer, pasti tidak akan pernah lupa pada jenis pakan tersebut. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips dan trik berikut, agar burung mau kembali menyantap voer dengan lahap.

  • Untuk mencegah stres, sebaiknya saat memindahkan burung ke dalam sangkar barunya, disertai juga dengan tenggeran dan cepuk pakannya yang lama selama beberapa hari. Setelah itu bisa diganti satu-persatu dengan yang baru.
  • Sebelum memindahkan burung ke dalam sangkar baru, bersihkan dulu sangkar itu dengan air bersih, untuk menghilangkan debu dan aroma cat yang masih menyengat.
  • Apabila burung baru dibeli bukan dari pasar, sebaiknya tanyakan kepada pemilik lama mengenai warna dan merek voer yang biasa diberikan.
  • Berikan pakan serangga seperti jangkrik atau ulat hongkong yang sudah dipotong-potong kecil, lalu dicampur ke dalam voernya.
  • Berikan pakan voer yang masih dalam kondisi bagus / segar, serta tidak mengandung jamur.

Setelah menerapkan cara-cara di atas, biasanya dalam waktu beberapa hari burung akan kembali menyantap pakan voernya dengan lahap.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.