Solusi burung mogok makan voer setelah berpindah sangkar

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sering terjadi burung kicauan yang baru dibeli dari pasar maupun beli dari teman, tiba-tiba menjadi malas bahkan mogok makan voer setelah dipindah ke sangkar barunya. Burung lebih senang makan extra fooding seperti jangkrik atau ulat hongkong. Si pemilik baru pun galau, khawatir momongannya benar-benar tidak mau lagi makan voer, dan itu berarti dia harus menyediakan pakan serangga sepanjang hari. Untuk mengatasinya, berikut ini solusi burung yang mogok makan voer setelah berpindah sangkar.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Solusi burung yang mogok makan voer
Solusi burung yang mogok makan voer setelah berpindah sangkar.

Beberapa pemilik burung kicauan seperti murai batu, kacer, serta cucak hijau memang tidak selalu menjadikan voer sebagai pakan utamanya. Namun lebih banyak kicaumania yang mengandalkan voer sebagai pakan utama, dengan alasan lebih memudahkan dalam perawatannya, termasuk membuat burung bisa bertahan hidup lebih lama.

Tidak mengherankan apabila para kicaumania akan melatih burung yang baru dibelinya, terutama hasil tangkapan hutan, agar terbiasa dan mau makan voer. Hal ini biasanya diterapkan pada burung bakalan / muda hutan, bahkan lebih muda lagi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Baca lagi: Metode 1 minggu agar burung mau makan voer

Tatkala kita membeli burung yang sudah bisa makan voer, baik dari pasar / kios burung, penangkar, teman, atau jual-beli online, terkadang proses selanjutnya tidak sesuai dengan harapan. Ketika burung dipindahkan ke sangkar barunya, ternyata malah malas makan voer, bahkan sama sekali tak mau menyentuh pakan kering tersebut.

Apa sebabnya? Penyebab utamanya tak lain burung mengalami stres akibat perjalanan / transportasi, atau lantaran perubahan suasana lingkungan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bisa juga stres akibat burung belum beradaptasi dengan sangkar baru dan aksesoris di dalamnya seperti tenggeran, wadah pakan, dan wadah air minum. Bahkan perubahan warna serta merek voer yang diberikan pemilik baru pun bisa memicu stres pada burung.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya burung sudah pernah memakan voer, pasti tidak akan pernah lupa pada jenis pakan tersebut. Anda hanya perlu melakukan beberapa tips dan trik berikut, agar burung mau kembali menyantap voer dengan lahap.

  • Untuk mencegah stres, sebaiknya saat memindahkan burung ke dalam sangkar barunya, disertai juga dengan tenggeran dan cepuk pakannya yang lama selama beberapa hari. Setelah itu bisa diganti satu-persatu dengan yang baru.
  • Sebelum memindahkan burung ke dalam sangkar baru, bersihkan dulu sangkar itu dengan air bersih, untuk menghilangkan debu dan aroma cat yang masih menyengat.
  • Apabila burung baru dibeli bukan dari pasar, sebaiknya tanyakan kepada pemilik lama mengenai warna dan merek voer yang biasa diberikan.
  • Berikan pakan serangga seperti jangkrik atau ulat hongkong yang sudah dipotong-potong kecil, lalu dicampur ke dalam voernya.
  • Berikan pakan voer yang masih dalam kondisi bagus / segar, serta tidak mengandung jamur.

Setelah menerapkan cara-cara di atas, biasanya dalam waktu beberapa hari burung akan kembali menyantap pakan voernya dengan lahap.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.