Om Mugen: Penyuplai murai batu jawara itu kini fokus di penangkaran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sudah lama Om Mugen (Jakarta) menjadi pengorbit murai batu jawara. Kiprahnya sebagai pemain murai dimulai sejak bergabung dengan Junior Team, sekitar 10 tahun lalu. Selama itu sudah banyak murai batu orbitannya yang menjuarai lomba. Setelah menang, beberapa murai batunya dibeli para pemain lain, tak terkecuali para pemain papan atas di Jabodetabek.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Misalnya murai batu Sultan yang kini menjadi andalan Om Ayi (Bogor). Ada lagi Mandala yang dibeli Om Herry IP (Jakarta). Om Bonni N (Mahesa Ratu) juga pernah membeli murai batu Badui hasil besutan Om Mugen.

Murai Batu Sultan
Murai batu Sultan (milik Om Ayi Bogor) termasuk salah satu orbitan Om Mugen. 

Om Inu (Bintaro) eksis bersama murai batu Ramayana yang juga orbitan Om Mugen. Kemudian Senopati yang kini moncer di tangan Om Dody / Om Mbing (Jakarta). Bos JP Enterprise, Om Jhonpur, pun memiliki gaco andal yang disuplai dari Om Mugen, yakni murai batu Siliwangi.

Sebagian murai lainnya dibeli para penangkar untuk dijadikan indukan. Misalnya MB Idola yang menjadi indukan di Pegassus BF (Jakarta), serta MB Morgan dan Arizona yang dibeli Om Embing sebagai indukan di Burisrowo BF (Bogor).

Siapkan materi indukan untuk beternak murai batu

Om Mugen
Om Mugen (kiri) siap ternak murai batu trah jawara

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Namun Om Mugen masih menyisakan beberapa murai batu jawara di rumahnya. Rupanya dia berminat pula untuk menangkarnya, sekaligus melestarikan trah juara. Kandang-kandang ternak permanen sudah dibuatnya, tinggal melengkapi materi pasangan induk saja.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk mendapatkan murai batu unggulan diperlukan kombinasi dengan materi indukan dari pihak lain, khususnya induk betina dari penangkar lain yang berkualitas. Sebagian induk betina memiliki ring SWD Klaten.

“Pemilihan induk jantan dan induk betina memang harus selektif, dan sebaiknya berasal dari penangkar yang berbeda, agar hasilnya lebih unggul,” ujar dia, ketika ditemui omkicau.com di rumahnya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Murai batu Zirizona, calon indukan
Murai batu Zirizona, calon indukan yang disiapkan Om Mugen.

Calon induk betina, misalnya, diseleksi berdasarkan postur, volume (harus keras), hingga mentalnya. Jika dipasangkan dengan induk jantan eks jawara, tentu kualitas anakannya juga bagus.

“Ini baru ternak kecil-kecilan kok, hanya beberapa kandang saja, namun semua materi indukannya boleh dibilang trah jawara lomba,” tandasnya. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.