Mengenal jerdon’s leafbird, burung cucak hijau dari India

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Burung cucak hijau yang umum dipelihara kicaumania di Indonesia berasal dari spesies Chloropsis sonnerati, atau dalam literatur perburungan internasional disebut greater green leafbird. Di India (dan sebagian Sri Lanka) terdapat kerabat dekatnya, yakni jerdon’s leafbird (Chloropsis jerdoni), yang memiliki suara kicauan sangat bervariasi.

Jerdon's leafbird yang berasal dari India dan Sri Lanka
Jerdon’s leafbird, kerabat cucak hijau yang berasal dari India dan Sri Lanka.

Burung-burung dari keluarga leafbird (Chloropseidae), termasuk cucak ijo mini, cucak hijau kepala kuning, hingga cucak rante, termasuk kelompok burung dengan wilayah persebaran di Kawasan Oriental, yaitu mulai dari India, Sri Lanka, Asia Tenggara, hingga wilayah selatan Tiongkok.

 

Jerdon’s leafbird tersebar di hutan-hutan wilayah India dan Sri Lanka. Sebelumnya, burung ini semula dimasukkan sebagai salah satu subspesies atau ras dari burung cucak rante atau cucak ranting / cica-caun sayap biru (Chloropsis cochichinensis). Dalam perkembangannya, cucak hijau jerdon dipisahkan menjadi spesies tersendiri, karena adanya perbedaan ukuran dan morfologi.

Burung jantan memiliki tubuh berwana hijau, dahi kuning, topeng hitam yang menutupi wajah dan tenggorokannya, dengan garis-garis kebiruan. Adapun burung betina memiliki kepala berwarna hijau terang, tanpa warna kuning di bagian dahinya, serta tenggorokan lebih berwarna kebiruan. Burung muda mirip betina, tapi tanpa bercak kebiruan di tenggorokannya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Penampilan burung jerdon's leafbird betina
Penampilan burung cucak hijau jerdon betina.

Kalau diperhatikan, jerdon’s leafbird memiliki kemiripan dengan cucak hijau sumatera (Chloropsis media). Tetapi yang membedakan adalah warna hitam pada cucak hijau sumatera jauh lebih luas hingga ke dada. Selain itu bentuk paruh cucak hijau sumatera juga lebih panjang, tipis, dan melengkung.

Sebagaimana spesies leafbird lainnya, cucak hijau jerdon juga memiliki kemampuan mimikri atau menirukan suara kicauan jenis burung lainnya. Bahkan suara kicauannya terdengar lebih nyaring dan bervariasi. Di negara asalnya, jerdon’s leafbird cukup popular sebagai burung peliharaan, selain lovebird dan parkit.

Berikut ini suara kicauan jerdon’s leafbird yang bisa dimanfaatkan untuk memancing bunyi burung cucak hijau di rumah.

Suara kicauan jerdon’s leafbird variasi 1 | DOWNLOAD

Suara kicauan jerdon’s leafbird variasi 2 | DOWNLOAD

 

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.