Fenomena gantang malam di Jogja yang makin diminati

Latber serta latpres gantang malam kini lazim digelar di berbagai daerah, baik oleh event organizer (EO) arus utama seperti Radjawali Indonesia, BnR, dan Ronggolawe Nusantara, maupun EO independen yang jumlahnya makin menjamur. Jogja termasuk salah satu pelopor penyelenggaraan even gantang malam, terutama melalui kiprah Penny Jaya SF yang sudah menggelarnya sejak dua tahun lalu.

Even gantang malam di Jogja
Penny Jaya SF Jogja membuka even gantang malam sejak dua tahun lalu.

Kini tidak hanya Penny Jaya SF yang mengadakan even gantang malam di Jogja. BnR 403 Enterprise yang bermarkas di Kompi C Demak Ijo Yonif 403 / WP, Jl Godean Km 5 Sleman, juga membuka latber gantang malam, setiap Sabtu malam. Demikian pula even gantang malam di Jogja Expo Center (JEC), Jl Raya Janti, Banguntapan, Bantul.

Menurut H Jaya, pimpinan Penny Jaya SF, even gantang malam di Lapangan Penny Jaya SF, Jalan Raya Gedong Kuning Selatan No 8B, Kotagede, Jogja, sudah dibukan sejak dua tahun lalu. Tujuannya untuk memberikan ruang kepada para kicaumania yang tidak sempat melombakan burungnya pada latber / latpres siang maupun sore hari.

“Biasanya mereka adalah para pekerja pabrik yang shift siang atau sore hari, atau karyawan yang hari itu belum bisa meninggalkan pekerjaannya. Nah, Penny Jaya memberikan ruang kepada mereka agar tetap bisa menggantang burung-burung rawatannya,” kata Om Jaya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Jaya, pemilik Penny Jaya SF Jogja
Om Jaya (kiri) ketika diwawancarai wartawan.

Di sisi lain, even gantang malam juga bisa meningkatkan kualitas bagi burung supaya terbiasa serta tetap fighter baik siang, sore, maupun malam hari. “Saya optimistis, dengan adanya gelaran gantang malam, para kicaumania dapat menyalurkan hobinya dan makin banyak peminatnya,” jelasnya.

Penny Jaya juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk para kicaumania yang hadir di sana. Mulai dari warung makan, parkir kendaraan yang luas, juga tempat berteduh untuk peserta (paddock).

Penny Jaya SF
Warung makan, salah satu fasilitas favorit yang ada di Gantangan Penny Jaya SF.

Kalau diamati, Penny Jaya memiliki pakem atau aturan lomba yang lumayan ketat, untuk meningkatkan kualitas dari burung milik peserta. Penny Jaya membuka gantang malam setiap Senin, Rabu, dan Jumat , mulai pukul 18.30, dengan harga tiket Rp 10.000 dan Rp 20.000. Khusus Minggu diadakan latber siang, mulai pukul 14.00, dengan harga tiket Rp 20.000 dan Rp 30.000.

Latber Malam BnR 403 Enterprise Jogja
BnR 403 Enterprise rutin menggelar Latber Malam setiap Sabtu, mulai pukul 18.40.

Bagaimana dengan BnR 403 Enterprise? EO ini membuka gantang malam sejak empat bulan lalu, digelar setiap Sabtu (malam Minggu), mulai pukul 18.30. “Peminatnya gantang malam makin banyak,” kata Om Iful Sugara, ketua BnR Jogja.

even gantang malam di JEC
Kemeriahan even gantang malam di Jogja Expo Center (JEC).

Ada lagi latber gantang malam di Jogja Expo Center (JEC), setiap Kamis mulai pukul 18.30. Khusus akhir bulan, digelar latpres gantang malam, juga pada hari Kamis. Arena gantang malam di JEC juga dilengkapi dengan fasilitas food court, sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Jumlah pesertanya pun terus meningkat dari waktu ke waktu. (Galuh Candra)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.