Tips menyerut jeruji sangkar dengan potongan plat besi yang dilubangi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tips menyerut jeruji sangkar dengan potongan plat besi yang dilubangi merupakan panduan praktis bagi para kicaumania ketika menjumpai ada satu atau beberapa jeruji sangkar burung yang sudah renggang / patah. Jika tidak segera diganti dengan jeruji baru, tentu burung di dalam sangkar bisa terbang lepas.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara mudah membuat jeruji sangkar sendiri
Cara mudah membuat jeruji sangkar sendiri.

Biasanya, rekan-rekan kicaumania akan membeli jeruji yang sudah jadi, atau membuat sendiri dari potongan bambu meski hasilnya tidak semulus aslinya.

Jika tidak mau repot, membeli jeruji sangkar yang sudah jadi di pasaran memang lebih praktis. Hanya saja, biasanya jeruji dijual pedagang dalam bentuk paketan; tidak bisa dibeli secara eceran. Beberapa kicaumania memilih membuat sendiri jeruji tersebut dengan memanfaatkan potongan bambu yang telah didapatnya.

Bagi yang berpengalaman, membuat jeruji sangkar adalah hal mudah. Pemotongan dan penyerutan jeruji biasanya dilakukan dengan sangat hati-hati, agar permukaan jeruji terlihat lebih halus. Tapi bagi yang tidak biasa, umumnya akan memanfaatkan benda-benda lain untuk mengganti jeruji yang patah, misalnya menutupinya dengan sedotan atau menggunakan batang lidi.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya ada cara lain yang lebih efisien dan mudah dalam pembuatan jeruji sangkar, yaitu memanfaatkan potongan plat besi yang sudah dilubangi dengan paku beton. Di pasaran banyak dijual plat besi yang berlubang, dan dibuat khusus untuk menyerut jeruji agar lebih rapi dan halus. Tetapi tidak ada salahnya juga Anda membuat sendiri plat tersebut ketika berada dalam kondisi darurat.

Bahan yang digunakan:

  • Potongan plat besi, atau bisa juga plat alumunium yang tebal.
  • Paku beton dengan ukuran disesuaikan dengan diameter lubang jeruji sangkar.
  • Tang penjepit.
  • Paku-paku atau baut.
  • Potongan bambu yang akan dijadikan jeruji.

Cara membuat:

  1. Buatlah lubang pada permukaan plat tersebut dengan menggunakan paku.
  2. Jika plat dibalik, maka lubang paku akan menimbulkan permukaan yang menonjol dengan tepian yang tajam. Nah, tonjolan lubang itulah yang nantinya akan digunakan untuk proses penyerutan.

Cara kerja:

1. Untuk memudahkan pekerjaan, plat besi atau alumunium sebaiknya ditempel / dipaku pada pinggiran meja yang cukup kokoh (lihat gambar).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Plat ditempel ke ujung meja dengan menggunakna paku/baud
Plat ditempel ke ujung meja dengan menggunakna paku/baud

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

2. Siapkan potongan bambu yang akan dijadikan jeruji. Potong dengan ukuran panjang yang diinginkan tapi dengan lebar / diameter disesuaikan dengan ukuran pakun (tidak kekecilan dan tidak terlalu besar).

3. Serut ujung bambu tersebut sampai menjadi lancip (bentuk seperti pensil).

4. Masukkan ujung yang telah diserut pada salah satu lubang yang terdapat pada plat, dengan posisi dimasukkan dari arah belakang / yang menonjol.

5. Jepit bagian ujungnya  menggunakan tang capit, setelah itu tarik dengan sekuat tenaga (lihat gambar).

Menarik bambu dengan tang capit
Menarik bambu dengan tang capit.

6. Permukaan kasar dari lubang yang berada pada plat akan menyerut potongan bambu sampai halus, dengan ukuran yang pas sesuai diameter lubang tersebut.

7. Lakukan hal yang sama pada beberapa potongan bambu lainnya yang akan dijadikan jeruji. Jika lubang serutan sudah dianggap tidak tajam lagi, Anda bisa membuat lubang-lubang yang baru pada plat besi tersebut. .

8. Jeruji sudah siap digunakan dan dipasang pada sangkar burung.

Dengan menggunakan peralatan yang sangat sederhana tersebut, Anda sudah bisa membuat sendiri jeruji sangkar yang halus dengan ukuran sesuai yang diinginkan. (*)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.