Cara merawat burung lovebird juara: Woyo-Woyo milik Om Onie PG

Cara merawat burung lovebird juara Woyo-Woyo. Dalam satu tahun terakhir, lovebird Woyo-Woyo andalan Om Onie PG (Pekalongan Team) terus mencetak prestasi mengesankan. Namanya pun mulai dimasukkan sebagai salah satu lovebird fenomenal di Indonesia.

cara merawat burung lovebird juara
Lovebird Woyo-Woyo andalan Om Onie PG.

Bergaya konslet dengan durasi ngekek panjang, bahkan bisa lebih dari 2-4 menit, lovebird Woyo Woyo kini mulai menyejajarkan dirinya dengan lovebird-lovebird hebat lainnya di Blok Tengah seperti Kusumo dan Roro (Klaten), Mbah Marijan (Salatiga), New Depe (Pati), Opium (Banjarnegara), dan Arnold (Kulonprogo).

Di tengah-tengah kesibukannya sebagai pengusaha batik di Pekalongan, Om Onie masih meluangkan sebagian waktunya untuk menekuni hobi burung kicauan, termasuk turun ke lapangan. Hal ini sudah dijalaninya selama belasan tahun.

cara merawat lovebird
Om Onie PG bersama koleksi trofi kebanggaannya.

Terkadang Om Onie atau krunya memperkuat tim kebanggaannya: Pekalongan Team. Tetapi sesekali pula dia mengibarkan bendera sendiri, PG SF, di mana PG merupakan singkatan dari Putra Ghofur.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bagaimana Om Onie bisa mendapatkan lovebird Woyo-Woyo? Burung ini dulu milik kicaumania asal Surabaya. Om Onie kemudian membelinya awal Februari 2016.

“Seminggu kemudian coba dimainkan dalam even BnR Valentine di Pekalongan, juara satu dan tiga,” kata Om Aidyr Isman, atau akrab disapa Om Gembel, yang ikut merawat lovebird Woyo-Woyo.

tips perawatan lovebird
Om Aidyr Isman setia mengawal lovebird Woyo-Woyo.

Durasi ngekek lovebird Woyo-Woyo memang luar biasa: bisa mencapai 2-4 menit, dalam satu tarikan nafas tanpa jeda. Itu sebabnya, mudah sekali bagi Woyo-Woyo untuk mengungguli lawan-lawannya dengan durasi ngekek maksimal 1 menit, bahkan diselingi jeda sesaat.

Berikut ini beberapa prestasi lovebird Woyo-Woyo:

  • Birawa Yudha Cup Solo (double winner)
  • Piala IBC (double hattrick)
  • Road to Sumber Raya Weleri Kendal (quattrick)
  • Piala Ngajak Purwokerto (double winner)
  • Piala BNS Purwokerto (double hattrick)
  • Soeharto Cup 2016 dan 2017 (juara 3)
  • Piala Pasundan Bandung (1, 3, 3)
  • Piala Raja Yogyakarta (3)
  • Plaza Cup Semarang (1, 2)
  • Piala Pakualam Jogja (2, 3, 5)
cara merawat lovebird
Sebagian trofi kemenangan lovebird Woyo-Woyo.

Tak hanya itu, Woyo-Woyo juga moncer dalam even Piala Canting, Wali Kota Cup Pekalongan, Bupati Cup Pekalongan, Road to Bang Boy Cup, Jawara Kicau Klaten, 3Star Semarang, MP2 Cup Semarang, Piala Kretek Kudus, Piala Kapolres Pekalongan, dan sebagainya.

Cara merawat burung lovebird juara Woyo-Woyo: Tips harian

Berikut ini penuturan Om Aidyr mengenai cara merawat burung lovebird juara Woyo-Woyo, baik harian maupun setelan lomba. Perawatan harian ini berlaku sejak Senin hingga Kamis.

cara merawat burung lovebird juara
Perawatan harian lovebird Woyo-Woyo
  • Setiap pagi, mulai pukul 07.00, lovebird mandi dengan cara disemprot, lantas dijemur hingga pukul 08.00.
  • Mulai pukul 08.00 hingga 16.00, lovebird diangin-anginkan di teras rumah. Pakan hariannya berupa milet putih, produksi pabrikan Surabaya. Air minum ditempatkan dalam cepuk besar.
  • Pukul 16.00, sangkar Woyo-Woyo dikerodong full.
  • Pukul 19.00, burung kembali dimandikan dengan tingkat kebasahan secukupnya, kemudian dikerodong lagi hingga keesokan harinya.
tips perawatan burung lovebird
Om Aidyr Isman saat mengawal lovebird Woyo-Woyo.

Cara merawat burung lovebird juara Woyo-Woyo: Setelan lomba

  • Setelan lomba mulai diterapkan pada H-2 (jum’at). Polanya hampir sama seperti harian, tapi milet pabrikan diganti dengan milet putih biasa.
  • Perawatan H-1 (Sabtu) sama seperti H-2, namun lovebird sudah tidak dimandikan lagi. Cepuk air minum yang biasanya besar, kini diganti yang lebih kecil.
  • Sabtu malam, lovebird diberi extra fooding (EF) berupa canary seed, jagung manis, dan kangkung.
  • Pada Hari-H (Minggu), perawatan seperti harian, namun tanpa pakan milet putih. Lovebird hanya diberi kangkung saja, dan siap naik gantangan.

cara merawat burung lovebird

tips perawatan lovebird
Aksi lovebird Woyo Woyo di atas gantangan.

Menurut Om Onie PG, sudah ada beberapa pemain yang berminat meminang lovebird Woyo-Woyo. Namun penawaran tertinggi sejauh ini “baru” Rp 200 juta, dan itu belum sesuai dengan prestasinya selama ini.

cara merawat burung lovebird juara
Putra Ghofur Single Fighter (PG SF).

“Woyo-Woyo sudah sering menjuarai lomba, termasuk dalam even tingkat nasional, serta lintas-EO. Penampilannya selama ini sangat stabil. Setiap pekan selalu dilombakan, dan hanya libur saat musim lebaran atau mabung. Kalau ada yang berani meminang lima ratus juta, silakan bawa pulang,” tandas Om Onie dengan raut muka ceria. (neolithikum)

cara merawat lovebird
Om Onie PG (kanan): Kalau ada yang nawar Rp 500 juta, saya siap lepaskan Woyo-Woyo


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.