Cara merawat burung cucak ijo agar tampil maksimal

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cara merawat burung cucak ijo atau cucak hijau agar tampil maksimal di lapangan tak pernah bisa dipisahkan dari penjemuran rutin. Cucak ijo berprestasi selalu mendapat perawatan konsisten, termasuk penjemuran tiap hari, serta pakan dan pemasteran yang tepat. Banyak ijo mania yang berpendapat bahwa penjemuran rutin menjadi salah satu kunci bagi cucak hijau bisa tampil lebih maksimal, khususnya di lapangan.

cara merawat burung cucak ijo
Memoles kekuatan mental dan suara cucak hijau melalui penjemuran rutin.

Burung cucak ijo yang mampu tampil maksimal di lapangan tentu akan membanggakan pemiliknya. Perawatan rutin yang diterapkan setiap hari seolah terbayar melalui penampilan momongannya yang memesona. Namun tak mudah mencetak cucak ijo jawara, karena dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran pemilik atau perawatnya.

Cara merawat burung cucak ijo yang benar bisa memberi kepuasan dan kebanggaan bagi pemiliknya. Banyak faktor yang memengaruhi penampilan cucak hijau di lapangan, mulai dari materi burung itu sendiri (terkait faktor genetik), pakan berkualitas, kebersihan sangkar dan lingkungan sekitar, penjemuran, hingga pemasteran.

Semuanya menjadi bagian penting dari cara merawat burung cucak ijo secara keseluruhan, terutama untuk burung-burung lomba. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan burung mampu tampil lebih maksimal di lapangan.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Cara merawat burung cucak ijo: Seleksi materi

Memoles cucak hijau agar tampil maksimal di lapangan tidak dapat dilakukan secara serampangan. Karena itu, kita harus melakukan pemilihan / seleksi materi. Gaco yang akan dilatih sebaiknya sudah berumur dewasa atau mapan, alias bukan burung bakalan. Soalnya cucak ijio bakalan belum memiliki kualitas suara, mental, dan isian yang cukup baik. Dengan kata lain, burung belum siap bertanding.

Untuk meningkatkan power dan mentalnya, dibutuhkan beberapa persyaratan berikut ini:

  • Cucak ijo sudah mulai terlihat rajin bunyi.
  • Burung yang tidak ketakutan ketika melihat manusia (sudah jinak / jinak lalat).
  • Sudah memiliki suara isian, meski belum seberapa.
  • Burung berada dalam kondisi sehat.
  • Burung ridak kekurangan gizi atau kegemukan.

Cara merawat burung cucak ijo: Penjemuran rutin

Penjemuran menjadi salah satu kunci penting dalam perawatan burung cucak ijo. Menjemur cucak hijau secara rutin bisa meningkatkan kekuatan / power suaranya. Selain itu juga bisa menjadikan burung lebih aktif, sehat, serta lebih berstamina.

Penjemuran burung cucak ijo sebaiknya dimulai pagi-pagi hari sekali, dan berakhir sebelum waktu siang / tengah hari. Biasanya, para pemain cucak hijau menjemur cucak ijo setiap pukul 07.00 hingga 10.00. Hindari penjemuran secara berlebihan, karena bisa memicu mabung nyulam pada cucak hijau.

Usai dijemur, burung diangin-anginkan dulu di tempat teduh. Pada saat itulah, air minumnya dapat diganti dengan yang lebih segar, atau bisa juga ditambahkan multivitamin seperti BirdVit yang diteteskan langsung ke air minum.

Cara merawat burung cucak ijo: Pakan berkualitas

Selama burung berada di tempat teduh, berikan pakan tambahan berupa jangkrik (3-5 ekor) dan ulat hongkong (1-2 ekor), atau disesuaikan dengan setingan / kebutuhan hariannya.

Hal penting lainnya adalah segera mengganti pakan buahnya dengan yang masih segar, terutama jika buah-buahan sudah terpapar oleh cahaya matahari dalam jangka waktu lama.

Buah-buahan cukup lama terkena cahaya matahari (lebih dari 2 jam) biasanya akan mengering dan rusak, sehingga bisa mengurangi manfaat dan khasiatnya. Karena itu, penting sekali bagi kicaumania untuk segera mengganti pakan buah dengan yang masih segar saat burung dipindah ke tempat teduh.

Cucak hijau biasanya berada di tempat teduh sampai sore hari. Sisa waktu yang ada sebaiknya bisa digunakan untuk melakukan pemasteran. Pemasteran burung cucak ijo bisa dilakukan dengan menggunakan burung masteran yang digantang tidak jauh dari sangkarnya, atau memanfaatkan suara burung masteran dari perangkat mp3.

Download aneka suara burung di sini

Itulah beberapa poin penting mengenai cara merawat burung cucak ijo agar bisa tampil maksimal di lapangan. Kalau Anda tidak hobi lomba, setidaknya cucak ijo yang tampil maksimal bisa menjadi hiburan dan kebanggaan di rumah.


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.