Wukirsari, desa penangkar burung di Bantul

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Desa penangkar burung? Ya, julukan itulah yang kini melekat pada Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY. Di desa ini juga telah dibangun sebuah wahana edukasi burung bernama Istana Penangkar Burung (IPB). Selain menjadi desa penangkar burung, Wukirsari juga salah satu desa wisata di Bantul.

desa penangkar burung
Wukirsari tak hanya menjadi desa penangkar burung, tetapi juga desa wisata di Bantul.

Menurut Om Agung Trisnawanto, ketua Asosiasi Penangkar Burung Wukirsari, jauh sebelum ditetapkan sebagai desa penangkar burung, banyak warga Wukirsari yang bekerja sebagai penjual burung. Bahkan Om Agung pun sejak 2004 mencoba melakukan penangkaran berbagai jenis burung.

Awalnya hanya punya beberapa pasangan induk saja, tapi lama-lama berkembang pesat. Sebagian hasil ternaknya dititipkan kepada beberapa warga sekitar, dan hasilnya dibagi dua.

Akhirnya makin banyak warga di Desa Wukirsari yang menjadi penangkar burung, bahkan mulai mandiri. “Jumlah penangkar burung di Wukirsari dari waktu ke waktu terus bertambah,”jelas Om Agung kepada omkicau.com.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
desa penangkar burung
Om Agung Trisnawanto di kandang ternak murai batu miliknya.

Jenis burung yang dikembangbiakkan warga Wukirsari sangat beragam, mulai dari murai batu, burung paruh bengkok seperti lovebird dan parkit, kenari, cucakrowo, hingga perkutut. Yang paling banyak diternak memang murai batu, mengingat harga jualnya stabil dan selalu tinggi.

desa penangkar burung
Pasangan induk perkutut milik salah seorang warga Wukirsari.
burung paruh bengkok
Kandang koloni burung paruh bengkok

Burung-burung hasil penangkaran warga ini kemudian didistribusikan ke seluruh Indonesia, terutama ke Semarang dan Surabaya. Ada juga yang dipasarkan secara lokal, karena Desa Wukirsari juga mempunyai pasar burung yang dikelola masyarakat setempat, bekerja sama dengan Pemerintah Desa Wukirsari.

desa penangkar burung
Pasar Burung Wukirsari

Secara berkala, para penangkar burung di Wukirsari melakukan pertemuan, membahas perkembangan informasi yang berkaitan dengan breeding burung. “Kami juga berencana mengadakan arisan burung. Tujuannya agar para penangkar lebih bersemangat, dan kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat,” tambahnya.

penangkar burung
Burung-burung hasil penangkaran warga Desa Wukirsari.

Saat ini Om Agung sedang membangun wahana edukasi burung bernama Istana Penangkar Burung (IPB). Wahana ini dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare yang berada di Dusun Karangtalun RT 02, Pucung Rejo, Desa Wukirsari, Imogiri.

Nantinya, IPB akan mengoleksi berbagai jenis burung yang dapat dinikmati para pengunjung. Wahana ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat luas untuk mengenal berbagai jenis burung, sekaligus pelestarian burung-burung di Indonesia.

penangkar burung
Lahan seluas 1,5 ha untuk pembangunan Istana Penangkaran Burung.

“Kehadiran IPB ini sekaligus menjadi edukasi bagi anak-anak sekolah yang ingin study tour ke sini. Taman burung di Indonesia sudah banyak, tetapi yang ada wawasan edukasinya masih kurang,” ujar Om Agung. (Galuh Candra)


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.