Mengatasi cendet bersuara kecil pasca-mabung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Mengatasi cendet bersuara kecil. Biasanya, cendet atau jenis burung kicauan lainnya yang baru saja rampung mabung akan memiliki performa suara yang lebih bagus daripada sebelumnya. Tapi dalam beberapa kasus, cendet pasca-mabung justru bersuara lebih kecil daripada biasanya. Jika kasus ini terjadi pada cendet Anda di rumah, tentu ada satu atau beberapa faktor penyebabnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mengatasi cendet bersuara kecil
Mengatasi masalah suara cendet yang mengecil sehabis mabung.

Mabung merupakan waktu yang tepat bagi setiap burung untuk mengistirahatkan dirinya dari berbagai aktivitas, sembari menunggu rontoknya semua bulu untuk berganti bulu-bulu baru.

Pada burung-burung piaraan, termasuk burung lomba, biasanya para pemilik / perawat juga akan mengistirahatkan total burung yang sedang mabung. Bahkan perawatan yang tepat pun akan diterapkan agar proses mabung berjalan lancar, tanpa hambatan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ketika burung tidak mendapatkan perawatan mabung yang dibutuhkan, maka akan muncul berbagai permasalahan di kemudian hari, misalnya suaranya menjadi tidak maksimal. Ini dapat terjadi pada semua jenis burung, termasuk   cendet.

Sebelum mengupas tips mengatasi cendet bersuara kecil pasca-mabung, sebaiknya perlu diketahui dulu beberapa faktor penyebabnya:

  • Selama mabung, cendet hanya diberi voer tanpa disertai pakan tambahan dan multivitamin yang dibutuhkan.
  • Penjemuran terlalu berlebihan selama masa mabung.
  • Burung mabung dipaksa ikut lomba / dilatih dengan burung sejenis.
  • Pakan terkontaminasi bakter, jamur, dan parasit, dan ikut termakan burung cendet saat mabung.
  • Sangkar jarang dibersihkan, sehingga kotoran menumpuk dan menjadi tempat berkembangnya parasit, jamur, dan bakteri yang mengganggu pernafasan atau suaranya.
  • Burung cendet dalam kondisi kurang fit setelah beres mabung.

Untuk mengatasi cendet bersuara kecil sehabis mabung, berikut ini pola perawatan yang bisa Anda terapkan supaya burung bisa kembali berkicau dengan suara lantang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Menjaga kondisi burung cendet dengan memberikan multivitamin seperti BirdVit.
  • Rutin memberikan pakan jangkrik yang telah diolesi madu murni, atau bisa juga dengan menyuntikkan madu ke tubuh jangkrik sebelum diberikan kepada burung.
  • Berikan pakan tambahan tersebut dengan jumlah lebih banyak daripada biasanya.
  • Setiap beberapa hari sekali, cendet diberi ulat bambu sebanyak 1-2 ekor. Ulat bambu diyakini bisa membantu mengatasi suara serak dan memaksimalkan volume suara cendet.
  • Berikan terapi mandi malam setiap beberapa hari sekali.
  • Penjemuran rutin setiap hari dengan durasi sedikit lebih panjang daripada biasanya.
  • Melatih cendet dalam kandang umbaran secara teratur.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi cendet bersuara kecil atau tidak dapat berkicau maksimal setelah menyelesaikan masa mabungnya. Melalui perawatan rutin dan teratur, cendet bisa kembali tampil dengan kemampuan terbaiknya.

 

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.