Mengatasi birahi cucak ijo dengan belimbing busuk –Tips Om Jono

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Mengatasi birahi cucak ijo bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tentu semua ini berdasarkan efektivitas dan pengalaman masing-masing pemilik maupun perawatnya. Om Jono, perawat cucak ijo Golden Green milik Om Dwi Wahyudi (DT BF Sleman), juga punya cara tersendiri dalam mengatasi birahi cucak ijo.

mengatasi birahi cucak ijo
Cucak ijo Golden Green andalan Om Dwi Wahyudi (DT BF).

Menurut Om Jono, burung cucak hijau atau cucak ijo, sebagaimana keluarga leafbird lainnya. memiliki tingkat birahi yang mudah sekali berubah-ubah, serta rawan stress termasuk dalam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Hal ini juga dialaminya beberapa kali selama merawat cucak ijo Golden Green dan Golden Love, keduanya milik Om Dwi Wahyudi, di mana perawatannya dipercayakan kepadanya.

Cucak ijo memang mudah mengalami over birahi dan stres. Untuk mengatasi birahi cucak ijo, biasanya saya kasih pakan buah belimbing busuk,” ujar Om Jono, dalam percakapan dengan omkicau.com.

Lihat juga Terapi umbar dan belimbing untuk mengatasi birahi cucak ijo

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Note: Om Kicau lebih menyarankan pada pemberian belimbing segar, bukan busuk, untuk menghindari kontaminasi bakteri yang menempel pada daging buah maupun kulit belimbing.

Upaya mengatasi birahi cucak ijo juga diperkuat dengan menurunkan porsi pakan tambahan atau extra fooding (EF) serangga seperti jangkrik.

Perawatan cucak ijo Golden Green

Perawatan harian yang diterapkannya tak jauh berbeda dari cucak ijo yang biasa dilombakan. Yang agak berbeda adalah penjemurannya. Sebab, cucak ijo Golden Green jarang sekali dijemur. Sepanjang hari cukup dianginkan di teras rumah, dan selalu dalam sangkar kotaknya yang berukuran 45 x 45 cm2.

mengatasi birahi cucak ijo
Om Jono sedang merawat cucak ijo Golden Green.

Kebersihan sangkar benar-benar dijaga, agar burung merasa nyaman karena tidak terlalu terganggu oleh polusi bau maupun polusi kuman (bakteri, jamur, dan parasit).

Selama ini, cucak hijau Golden Green memang tidak pernah diberi pakan kering (voer). Pakan utamanya berupa buah pisang dan diselingi pepaya.

Kalau mau dilombakan, perawatan intensif baru dilakukan pada H-1 (Sabtu). Porsi jangkrik ditingkatkan menjadi 7-10 ekor, yang dibagi dalam dua waktu: pagi dan sore. Pakan utama tetap pisang dan pepaya.

Om Jono sudah dua tahun merawat cucak ijo Golden Green. Melalui tangan dinginnya, burung ini kerap menjuarai berbagai even di seputaran Jogja. Beberapa waktu lalu, Golden Green meraih juara 1 dalam Latpres Posma Sembego (23/5) dan double winner dalam Latpres KMYK (27/5).

mengatasi birahi cucak ijo
Om Jono saat mengawal cucak ijo Golden Green raih double winner di KMYK.

“Isiannya cukup lengkap. Tetapi yang paling menonjol adalah suara burung prenjak betina. Volume suara yang dikeluarkannya pun tergolong lantang,” tandas Om Jono. (Galuh Candra)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.