Kukusan kacang hijau untuk pakan burung pleci

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Pakan burung pleci memang sangat beragam. Sebagian merupakan produk pabrikan, dan sebagian lagi bisa kita buat sendiri di rumah. Kali ini, omkicau.com ingin berbagi tips mengenai cara mengukus kacang hijau sebagai pakan burung pleci. Pakan ini bagus sekali sebagai sumber gizi bagi burung pleci, terlebih jika diberikan ketika cuaca terasa dingin.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

pakan burung pleci
Pleci membutuhkan asupan pakan yang tepat, terlebih saat cuaca terasa dingin.

Ketika hawa udara terasa dingin, burung piaraan mengeluarkan energi lebih besar daripada biasanya. Bagi burung-burung mungil seperti pleci, pakan yang tepat bisa menjadikannya selalu aktif dan rajin berkicau, meski cuaca tidak begitu mendukung.

Salah satu pakan yang umum diberikan adalah kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan protein cukup tinggi serta sumber beberapa mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Kandungan lemaknya hanya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga menyehatkan bagi burung pleci.

Kacang hijau umumnya diberikan setelah diolah menjadi tepung, kemudian dicampur dengan bahan pakan lainnya. Selain itu, kacang hijau juga bisa diolah dengan cara dikukus. Kukusan kacang hijau ini diyakini dapat meningkatkan stamina dan menjaga kondisi burung pleci, terutama ketika cuaca sedang dingin atau sering turun hujan.

Pengukusan kacang hijau untuk pakan burung pleci

Berikut ini cara mengukus kacang hijau untuk pakan pleci:

  1. Siapkan kacang hijau sesuai dengan yang dibutuhkan. Haluskan secara manual menggunakan alat penggiling daging atau blender.
  2. Simpan bubuk kacang hijau ke dalam piring, lalu tambahkan air secukupnya. Setelah itu masukkan ke dalam panci kukusan, dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit.
  3. Setelah cukup matang, hasil kukusan diangin-anginkan hingga kering dengan cara disimpan di atas permukaan kertas koran, atau bisa juga di atas tampah / nyiru.
  4. Kacang hijau kukus yang sudah kering dikemas dalam wadah plastik, lalu disimpan dalam lemari pendingin. Kini pakan sudah siap disajikan untuk burung kesayangan Anda.
Cara pengolahan kacang hijau
Cara pengolahan kacang hijau untuk pakan burung pleci.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Selain untuk burung pleci, kukusan kacang hijau juga dapat diberikan kepada burung gelatik batu. Untuk menambah khasiatnya, kukusan ini bisa juga dicampur dengan voer lembut yang biasa digunakan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

[spoiler title= ]
pakan burung pleci, pakan pleci, burung pleci, cara merawat, biar, gacor, mabung, untuk, lomba, bakalan, buka paruh, dakun, cepat, ngalas, terus, agar, ngeplong, auri, rajin, bunyi, jinak, buxtoni, jinak, pleci bali, ngalas, ngerol, baik, dakun bali, dabu, dada, putih, kuning, musim hujan, dakbal, gunung, gentong, gantangan, ganti bulu, gropyokan, giras, habis mabung, hasil, tangkapan, hutan, pikatan, sehari hari, muda, kepala, dahi, hitam, juara, jawara, jantan, jawa, jadi, jaringan, jawa timur, jagoan, jatim, kontes, kacamata, kapur,kontesan, lombok, liar, lolohan, laut, lokal, lebih dari 1, lebih dari satu, lg mabung, macet, montanus, mata putih, malang, merapi, malas, ngurak, nyulam, panjang, ngedrop, ngriwik, ngeriwik, ombyokan, over birahi, ocehan, memelihara, cara perawatan, papua, pemula, petarung, putih, malam hari, pasca mabung, pasca lomba, rumahan, rontok, berkicau, berbunyi, sumbawa, siap gantang, suara, serak, teler, tarung, trotolan, terbaik, makan voer, video, download, wallacea, bagus, baru dibeli, 2 burung pleci
[/spoiler]

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.