Cara merawat burung sun conure agar selalu aktif

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara merawat burung sun conure –Sun conure termasuk salah satu jenis burung paruh bengkok yang berasal dari Amerika. Spesies ini sangat popular di kalangan parrot mania, karena warna bulunya yang ngejreng. Selain itu, perilakunya juga atraktif sehingga kerap dilatih untuk melakukan berbagai ketangkasan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

perawatan burung sun conure
Cara merawat burung sun conure.

Sun conure juga memiliki kemampuan menirukan beragam suara sehingga menjadikannya sebagai burung yang sangat menyenangkan untuk dipelihara.

Burung ini memiliki warna bulu yang cantik, dan akan berkilauan ketika terkena cahaya matahari. Sifatnya yang mudah jinak dan cepat beradaptasi membuatnya sangat digemari berbagai. Tidak hanya cantik, sun conure juga dikenal sebagai burung yang sangat aktif, gemar bermain, dan cukup atraktif.

Sun conure umumnya dipelihara untuk dilatih melakukan berbagai macam atraksi dan ketangkasan. Ada juga yang lebih suka melatihnya agar mampu meniru berbagai jenis suara, termasuk suara manusia, meski tidak sefasih beo dan kakatua.

Perilakunya cukup unik dan sekilas mirip dengan jalak suren yang bisa dilatih menjadi penjaga rumah. Jika melihat manusia yang lewat di dekatnya, burung ini sontak akan mengeluarkan suaranya yang kencang.

Cara merawat burung sun conure

Secara umum, cara merawat burung sun conure tidak jauh berbeda dari perawatan burung paruh bengkok lainnya seperti lovebird, parkit maupun cockatiel. Namun ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang cara merawat burung sun conure, yakni:

  1. Pemilihan sangkar
  2. Penempatan sangkar
  3. Sediakan mainan
  4. Berikan pakan secara tepat
  5. Jangan lupakan kalsium dan multivitamin

Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraian dari beberapa aspek penting dalam perawatan burung sun conure:

1. Pemilihan sangkar

Sun conure adalah burung yang sangat aktif dan selalu sibuk dengan aktivitasnya sepanjang hari. Karena itulah, dia membutuhkan sangkar besi yang berukuran cukup luas.

Untuk sun conure yang berukuran kecil, ukuran sangkar mininal 40 cm. Tetapiuntuk burung berukuran lebih besar, panjang sangkar idealnya sekitar 90 cm.

Banyak parrot mania lebih senang memelihara sun conure dalam sangkar harian, tanpa harus dirantai, namun tetap dilengkapi dengan tangkringan / tangkringan. Alasannya, burung ini selalu aktif bergerak, sehingga tidak cocok jika dirantai pada tangkringan besi yang membuat pergerakannya terbatas. Penggunaan tangkringan biasanya hanya untuk burung yang sudah sangat jinak / jinak total.

2. Penempatan sangkar

Letakkan sangkar pada lokasi yang ideal di rumah Anda. Sangkar sebaiknya berada di ruangan yang jauh dari asap dapur. Selain itu, hindari juga menyimpan burung di lokasi yang selalu terkena paparan sinar matahari. Burung merasa nyaman ketika berada dalam ruangan yang bersuhu sekitar 21-27*C, atau pada suhu ruangan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

cara merawat burung sun conure
Burung sun conure dalam kandang breeding.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

3. Sediakan mainan

Sebagai jenis burung yang sangat atraktif dan selalu ingin tahu, Anda perlu menyediakan beberapa mainan di dalam sangkar. Misalnya benda-benda yang dapat digigit, atau ayunan yang dapat menjadi penghilang stres bagi burung tersebut, apalagi jika dirawat sendirian tanpa pasangan.

4. Berikan pakan secara tepat

Pakan burung sun conure terdiri atas biji-bijian, buah, dan sayuran. Biji-bijian yang bisa diberikan antara lain pakan kenari atau pakan lovebird yang banyak dijual di toko pakan burung.

Sun conure juga membutuhkan pakan buah dan sayuran. Buah yang umum diberikan antara lain mangga dan apel. Berikan buah-buahan tersebut dalam potongan kecil-kecil yang disimpan dalam cepuk pakannya. Selain itu, berikan pula sayuran yang bermanfaat.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, berikan pakan tambahan berupa kacang-kacangan misalnya hazelnut, kacang tanah atau kacang brazil. Jika ingin memberikan kacang tanah, kupas dulu kulitnya. Sebab kulit kacang tanah kerap mengandung jamur yang disebut aflatoxin yang bisa mengganggu kesehatan burung.

Hal penting lainnya adalah tidak memberikan air gula atau air susu, karena sun conure tidak dapat mencerna susu atau gula dengan baik.

5. Jangan lupakan kalsium dan multivitamin

Untuk menjaga kondisi serta kesehatannya sepanjang hari, jangan lupakan multivitamin seperti BirdVit. Adapun mineral yang paling dibutuhkan sun conure adalah kalsium. Siapkan saja tulang sotong yang digantungkan di dalam sangkar, atau bisa juga dibuat bubuk dengan cara digerus / diparut, lalu disimpan dalam cepuk terpisah.

[spoiler title= ]
cara merawat burung sun conure, anak, burung sun conure, untuk dijual, harga, wikipedia, malaysia, makanan, ternak, jual, murah, conures, asal, paruh bengkok, beternak, berternak, bandung, budidaya, cara beternak, jantan, betina, membedakan, melatih, menjinakkan, memelihara, menjaga, daftar, foto, gambar, 2015, pasaran, 2016, 2017, 2018, jenis, surabaya, kelebihan, karakter, kedai burung, kesukaan, kandang, sangkar, keunikan, mengenal, nuri, penangkaran, penjagaan, pakan, penjual, perawatan, peternak, sifat, sarang, suara burung sun conure, umur, video, vidio, yellow
[/spoiler]

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.