Mengatasi burung botak dengan jus lidah buaya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Mengatasi burung botak –Banyak kicaumania yang mengeluh burung piaraannya gemar mencabuti bulunya, bahkan sampai botak atau terlihat kulit tubuhnya. Untuk mengatasi burung botak dan gemar mencabuti bulu, kita bisa melakukan berbagai terapi, antara lain dengan menggunakan jus lidah buaya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mengatasi burung botak
Tips mengatasi burung botak akibat gemar cabut bulu dengan jus lidah buaya.

Mencabuti bulu bisa terjadi pada semua jenis burung kicauan tak terkecuali lovebird, nuri dan kakatua yang tergabung dalam kelompok parrot. Jika kondisi ini dibiarkan tentu akan menyebabkan mereka mengalami kebotakan parah di sebagian tubuhnya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menanganinya adalah memberikan jus lidah buaya untuk atasi burung yang botak dan gemar cabuti bulu.

Om Kicau pernah mengulas manfaat lidah buaya (Aloe vera) yang sudah lama dipraktikkan oleh sejumlah penghobi dan peternak burung di mancanegara. Daun lidah buaya yang berduri terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah yang menimpa burung peliharaan.

Daun lidah buaya mengandung sejumlah bahan aktif yang dapat dimanfaatkan untuk terapi maupun penyembuhan luka, bengkak, pendarahan, dan infeksi jamur. Bagian getahnya yang disebut gel juga kerap dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang gemar mencabuti bulu akibat iritasi kulit, kulit kering, dan kulit berjamur.

Kulit burung yang kering atau terinfeksi jamur bisa membuat iritasi dan meyebabkan rasa gatal yang amat sangat. Untuk menghilangkan gatalnya, burung mencabuti bulu yang terdampak. Karena merasa nyaman, sebagian tubuh burung kemudian mengalami kebotakan.

Daun lidah buaya cukup efektif mengatasi masalah ini, karena kandungan zat aktifnya langsung bereaksi dengan kulit burung. Untuk sementara waktu, burung akan merasakan kondisi nyaman sehingga akan melupakan perilaku buruknya. Terapi daun lidah buaya harus dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih efektif.

Membuat jus lidah buaya untuk mengatasi burung botak

Salah satu terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebotakan pada burung, sekaligus menghentikan kebiasaan mencabuti bulu, adalah menggunakan jus lidah buaya. Sebagai panduan, berikut ini cara mengolah daun lidah buaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

mengatasi burung botak
Tahap pembuatan jus lidah buaya untuk burung kicauan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

  • Satu potong daun lidah buaya dibersihkan dengan air bersih, lalu kupas kulit luarnya dengan menggunakan pisau atau sendok makan.
  • Ambil bagian isi / daging lidah buaya, kemudian dimasukkan ke dalam blender dan digiling sampai menjadi cairan / jus.
  • Siapkan semprotan / hand sprayer yang biasa digunakan untuk memandikan burung.
  • Setelah itu, masukkan jus lidah buaya ke dalam botol semprotan dengan menggunakan saringan. Tambahkan sedikit air agar jus di dalamnya tidak terlalu kental, sehingga mudah digunakan untuk menyemprot.
  • Semprotkan jus lidah buaya ke bagian tubuh burung yang mengalami iritasi atau bagian yang bulu-bulunya sering dicabuti.
  • Anda juga dapat menyemprotkannya ke bagian tubuh yang mengalami kebotakan parah.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, jus lidah buaya bisa digunakan secara rutin setiap hari. Jus lidah buaya sebaiknya disimpan dalam lemari pendingin sebelum digunakan kembali. Sebab jika terlalu lama disimpan dalam ruangan terbuka, jus akan akan mudah rusak dan rentan terkontaminasi bakteri sehingga tidak layak digunakan.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.