Teknik melepas ring di kaki burung yang alergi atau terinfeksi jamur

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Melepas ring di kaki burung yang alergi atau terinfeksi jamur –Ring umumya dikenakan burung sebagai penanda identitas silsilah dan penangkarannya. Tapi terkadang muncul permasalahan, misalnya burung mengalami alergi atau terinfeksi jamur. Mau tak mau, kita harus melepas ring di kaki burung tersebut.

melepas ring di kaki burung
Teknik melepas ring di kaki burung akibat alergi atau terinfeksi jamur.

Banyak peternak yang memasang ring pada burung hasil penangkarannya. Hal ini untuk memudahkan identifikasi keturunan / silsilah maupun brand nama penangkar itu sendiri. Ring biasanya mulai dipasang ketika anakan burung mulai berumur 10 hari, dan akan terus menempel pada kakinya hingga dewasa.

Dalam beberapa kasus terjadi permasalahan di mana burung alergi terhadap logam atau bahan ring. Sering dijumpai pula burung terinfeksi jamur yang bersembunyi di bagian kaki yang tertutup ring.

Saat mengalami kondisi tersebut, perilaku burung akan berubah. Burung menjadi gemar mematuki kakinya, bahkan sampai berdarah. Dalam kasus lainnya, terutama pada lovebird dan nuri, burung akan selalu menggigiti ring hingga permukaan ring menjadi kasar / tajam, sehingga dapat melukai dan menimbulkan infeksi.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Namun tak semua burung yang memakai ring akan mengalami masalah seperti ini. Kondisi ini biasanya terjadi kalau burung tak mendapatkan perawatan memadai, misalnya kekurangan nutrisi yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah, atau akibat kebersihan sangkar yang kurang terjaga.

Apabila hal ini terlanjur terjadi, maka satu-satunya cara adalah mencopot atau melepas ring di kaki burung. Setelah itu, segera berikan pengobatan secara tepat. Berikut ini beberapa teknik melepas ring di kaki burung jika mengalami alergi atau terinfeksi jamur.

1. Melepas ring di kaki burung dengan es batu

Mencopot ring menggunakan es batu umum dilakukan para kung mania. Sebelum ring dicopot, kaki burung terlebih dulu direndam dalam wadah berisi ar es batu.

Proses perendaman akan membuat kaki burung menyusut, sehingga ring lebih mudah dilepaskan. Untuk membantu proses pelepasan ring, Anda bisa menggunakan sabun colek yang dioleskan pada kaki burung.

2. Melepas ring di kaki burung dengan kikir besi

Alat kikir untuk mengasah mata gergaji pun bisa digunakan untuk memotong ring yang terpasang pada kaki burung. Namun cara ini bisa menjadi bencana jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Karena itu, untuk mencegah kaki burung terluka, sebelumnya kaki burung dilapisi dengan isolasi plastik. Setelah itu, pemotongan ring bisa dimulai. Untuk memudahkan proses tersebut, pemotongan ring sebaiknya dilakukan pada dua sisi. Setelah kedua sisi ring terpotong, maka ring lebih mudah dicopot.

3. Melepas ring di kaki burung dengan tang potong

Cara lain yang dianggap lebih mudah dalam melepas ring di kaki burung adalah menggunakan tang potong khusus. Ada beberapa jenis tang potong yang bisa digunakan, mulai dari yang berbentuk mirip paruh burung kakatua hingga bentuk seperti gunting (micro nipper).

Untuk memudahkan proses tersebut, maka pemotongan ring dengan tang potong sebaiknya dilakukan pada dua sisi yang berbeda.

melepas ring di kaki burung
Jenis-jenis alat potong untuk melepas ring di kaki burung.

Penanganan setelah ring dicopot

Setelah ring di kaki burung lepas, segera oleskan salep khusus seperti BirdCream di bagian kaki burung tersebut. Hal ini untuk mencegah infeksi, sekaligusmenghilangkan jamur yang menempel pada kaki-kakinya.

Baca juga: Empat masalah umum saat burung dipasangi ring kode

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.