Cara mengatasi burung gemuk: Kupas tuntas obesitas

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara mengatasi burung gemuk –Kegemukan (obesitas) juga dapat terjadi pada burung kicauan maupun non-kicauan, terutama burung pemakan bijian seperti kenari, parkit, dan lovebird. Jika kondisi ini dibiarkan, tentu akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari, khususnya terkait dengan kesehatannya. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cara mengatasi burung gemuk
Kegemukan (obesitas) yang terjadi pada burung kenari.

Obesitas atau kegemukan adalah kondisi di mana tubuh mengalami kegemukan akibat penumpukan lemak. Ketika burung mengalami kegemukan, maka kinerjanya akan langsung menurun. Hal ini ditandai dengan malas bergerak, jarang bunyi, dan cenderung lebih suka makan.

Penyebab obesitas pada burung

Sebelum membahas cara mengatasi burung gemuk, sebaiknya perlu diketahui dulu beberapa penyebab kegemukan itu sendiri. Berikut ini beberapa faktor penyebab obesitas pada burung:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Burung selalu makan secara berlebihan, terutama burung pemakan biji-bijian.
  • Pakan yang diberikan tidak / kurang bervariasi. Misalnya hanya berupa voer atau bijian saja, tanpa mendapat pakan tambahan / extra fooding (EF).
  • Asupan nutrisi tidak seimbang. Misalnya, terlalu tinggi kadar lemaknya, atau terlalu tinggi kadar proteinnya.
  • Burung kurang aktif / tidak banyak bergerak akibat sempitnya ruangan (kandang). Kondisi tersebut memicu lemak berlebih yang menyebabkan obesitas.

Ciri-ciri burung kegemukan

Obesitas dapat dengan dikenali dari perilaku dan kondisi fisik burung tersebut. Secara umum ciri-ciri burung yang mengalami gemukan antara lain:

  • Apabila bulu di area sekitar perut atau pangkal ekor ditiup, maka permukaan kulitnya akan terlihat jelas dan berwarna kekuningan. Warna kuning ini muncul akibat timbunan lemak berlebihan. Pada burung yang sehat, permukaan kulit biasanya berwarna merah muda.
  • Sering juga ditemukan benjolan besar di sekitar kloaka dan perutnya. Ketika berjalan, burung terlihat seperti menggembol sesuatu. Jika ditekan, benjolan terasa agak kenyal dan berwarna kekuningan.
  • Burung lebih sering makan, tetapi malas bergerak.
  • Dalam beberapa kasus, burung kegemukan cenderung macet bunyi.

Bahaya obesitas pada burung

Selain menurunkan kinerjanya, ada beberapa bahaya lainnya yang mengancam burung-burung kegemukan, antara lain:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Munculnya benjolan mirip tumor jinak, namun sebenarnya hanya lapisan lemak yang terus membesar yang disebut lipoma.
  • Terjadi kegagalan fungsi hati karena terhambat oleh jaringan lemak. Dalam jangka panjang, hal ini bisa memicu pertumbuhan paruh dan kuku yang terus memanjang, nafsu makan makin berkurang, dan luka / infeksi yang tidak mudah disembuhkan.
  • Gangguan pernafasan bisa terjadi ketika timbunan lemak mengganggu organ pernafasan atau kantung udara di dalam tubuhnya.
  • Burung tidak bisa berkembang biak secara baik, akibat terjadinya gangguan reproduksi. Selain itu juga sangat rentan mengalami egg binding.
  • Dalam berbagai kasus, obesitas bisa berakhir dengan kematian jika tidak ditangani segera.

Cara mengatasi burung gemuk

Dalam kondisi tidak terlalu parah, obesitas dapat ditangani dengan menerapkan pola rawatan yang tepat. Pemberian multivitamin seperti BirdVit sangat diperlukan untuk menjaga kondisi burung agar selalu sehat dan aktif.

Berikut ini beberapa cara mengatasi burung gemuk:

  • Mengurangi pakan bijiannya, dan tambahkan EF buah dan sayuran yang sesuai seperti tomat, mentimun, dan sebagainya.
  • Untuk sayuran, berikan yang berwarna hijau gelap.
  • Pakan bijian dapat diberikan setelah diolah menjadi biji berkecambah (sprouted seed).
  • Burung perlu diberi kesempatan bergerak lebih banyak daripada biasanya. Misalnya dengan memindahkan ke kandang umbaran selama beberapa jam. Dengan banyak bergerak, proses pembakaran lemak di dalam tubuh bisa berjalan lebih baik.
  • Dalam kasus lebih parah, misalnya terdapat lipoma / benjolan lemak besar di perut atau pangkal ekor, solusi terbaik adalah melakukan pembedahan untuk mengeluarkan lemak dari dalam tubuh. Silakan baca arsipnya di sini: Sedot lemak pada burung, berani?

Itulah kupas tuntas permasalahan obesitas pada burung, termasuk bagaimana cara mengatasi burung gemuk.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.