Tips agar sayuran untuk burung tetap segar dan tahan lama

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tips agar sayuran untuk burung tetap segar dan tahan lama –Beberapa jenis burung kicauan menyukai pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa sayuran. Misalnya kenari dan burung finch lainnya, serta lovebird dan berbagai jenis burung paruh bengkok (parrot). Sayuran yang diberikan sebaiknya dalam kondisi segar. 

sayuran untuk burung
Menyimpan sayuran secara tepat dapat membuatnya lebih tahan lama.

Banyak kicaumania yang membeli sayuran dalam jumlah banyak untuk persediaan pakan burung piaraannya. Apabila tidak habis dalam sehari, sisa sayuran biasanya disimpan dalam lemari pendingin / kulkas. Tapi ternyata, menyimpan dalam lemari pendingin pun belum tentu membuat sayuran bisa tahan lama, sehingga tidak dapat digunakan sebagai pakan burung.

Sayuran yang tidak tahan lama / mudah busuk saat disimpan dalam kulkas biasanya diakibatkan cara penyimpanan yang tidak tepat. Akibatnya, sayuran cepat layu. Karena itu, tips berikut ini diharapkan bisa menghemat biaya, karena sayuran yang akan disimpan nantinya tetap segar dan tahan lama.

1. Pililah sayuran yang masih segar

Saat membeli di pasar, pastikan sayuran masih segar dan tidak busuk. Ketika disimpan dalam kulkas, sayuran segar lebih awet ketimbang sayuran yang sudah layu meski hanya sebagian.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Sayur yang dibeli tak perlu dicuci dengan Sayuran yang tampak kotor dapat dibersihkan dengan kain atau tisu untuk sementara. Mencuci dengan air dapat menghapus perlindungan alami dari sayuran tersebut, sehingga meningkatkan risiko jamur dan membuatnya lebih cepat busuk. Pembersihan dengan air hanya dilakukan pada saat akan diberikan kepada burung.

2. Cara menyimpan sayuran segar dalam kulkas

Ada dua cara menyimpan sayuran untuk burung, yakni disimpan dalam kulkas dan tanpa kulkas atau dalam suhu ruangan. Kita bahas yang pertama dulu.

Sayuran untuk burung sebaiknya tidak langsung disimpan begitu saja dalam kulkas. Anda bisa memasukkannya dulu ke dalam kantung plastik berlubang. Ini salah satu cara mempertahankan kesegaran sayuran sehingga, tidak mudah layu dan rusak.

Selain itu, jangan menyimpan sayuran dalam kondisi tidak utuh atau terpotong-potong. Sayuran dalam kondisi utuh lebih tahan lama ketika disimpan dalam kulkas.

3. Cara Menyimpan sayuran pada suhu ruangan

Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang tidak cocok disimpan dalam kulkas, misalnya pisang, mentimun, tomat, dan wortel. Pakan jenis ini mudah busuk ketika disimpan dalam kulkas.

Kalau mau menyimpan pisang, gunakan plastic wrap agar lebih tahan lama dan tetap segar ketika diberikan kepada burung. Selain itu, jangan menaruh buah-buahan seperti apel, tomat, atau pir berdekatan dengan pisang, karena gas ethylene yang dihasilkan pisang akan membuat buah lainnya cepat matang sehingga gampang busuk.

Adapun untuk menyimpan sayur-sayuran pada suhu ruangan dapat dilakukan dengan beberapa macam cara yaitu:

a. Menggunakan kertas tisu

Menyimpan sayuran pada suhu ruangan dapat dilakukan dengan meletakkannya dalam wadah, lalu menutupi sayuran dengan tisu dapur untuk menyerap kelembaban. Jika tisu yang menutupi sayuran sudah basah, ganti dengan tisu baru yang masih kering.

sayuran untuk burung
Potongan sayuran yang ditutupi dengan kertas tisu.

b. Menggunakan wadah berisi air

Untuk sayuran yang masih utuh seperti sawi hijau atau sawi putih, penyimpanannya bisa dilakukan melalui bantuan air. Tuangkan air ke dalam gelas plastik sebanyak 1/4 gelas. Anda bisa juga berkreasi membuat gelas dari potongan botol bekas air mineral.

Setelah terisi air, masukkan daun sawi ke dalam gelas dengan posisi bonggol di bawah atau terkena air, lalu simpan dalam suhu ruangan.

Air yang membasahi bonggol akan menjaga kesegaran sayuran selama beberapa hari. Bahkan dalam waktu beberapa hari akan muncul akar yang dilanjutkan dengan munculnya daun-daun baru.

sayuran untuk burung
Daun baru yang muncul dari bonggol sawi.

Itulah beberapa tips menyimpan sayuran untuk burung agar tetap segar dan tahan lama. Selain terjaga kandungan nutrisinya, pemberian sayuran untuk burung yang segar akan membuat burung rajin menyantapnya.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.