Cara merawat burung cucak keling macet bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara merawat burung cucak keling macet bunyi –Burung perling kumbang, atau sering disebut cucak keling, mempunyai suara kicauan melengking. Karena suara khasnya itulah, cucak keling kerap dijadikan burung masteran. Namun seperti jenis burung kicauan lainnya, cucak keling pun bisa macet bunyi karena berbagai faktor.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cara merawat burung cucak keling
Tips perawatan burung cucak keling yang mengalami macet bunyi.

Burung cucak keling / asian glossy starling (Aplonis panayensis) bertubuh hitam dengan mata merah menyala. Kalau sudah rajin bunyi (gacor), burung ini bisa dijadikan masteran karena suaranya melengking tajam mirip suara burung cililin.

Salah satu anggota keluarga jalak-jalakan (Sturnidae) ini memiliki perilaku yang mudah berubah, khususnya ketika tidak mendapatkan perawatan yang memadai.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dalam beberapa kasus, cucak keling yang semula rajin bunyi berubah jadi ngeriwik ketika berganti pemilik. Perubahan perilaku ini umumnya disebabkan perubahan pola perawatan, atau burung tidak mendapat perawatan semestinya.

Cara merawat burung cucak keling macet bunyi

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini cara merawat burung cucak keling macet bunyi:

  • Selama masa pemulihan, sangkar sebaiknya menggunakan satu tenggeran saja.
  • Jauhkan cucak keling dari burung kicauan jenis lainnya yang mempunyai suara sangat lantang seperti kakatua, nuri, beo, cucakrowo, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pemulihannya.
  • Burung harus lebih rutin dimandikan, baik disemprot maupun menggunakan bak mandi dalam sangkarnya.
  • Penjemuran seperlunya saja, atau tidak lebih dari 1 jam.
  • Setelah dijemur, gantang sangkarnya di tempat teduh, terutama di bawah pohon rindang atau lokasi lain yang dianggap cukup teduh dan tenang.
  • Setiap hari, sangkar harus dibersihkan dari kotoran. Jika turun hujan kecil di pagi hari, segera mandi hujankan burung tersebut. Hal ini bisa menghilangkan stres sehingga mempercepat pemulihannya.
  • Lakukan pengembunan setiap hari jika kondisi cuaca memungkinkan.
  • Malam harinya, sangkarnya wajib full kerodong.
  • Lakukan pemasteran setiap hari, atau bisa juga dengan memutarkan audio terapi maupun suara panggilan dari burung sejenis.

Jika membutuhkan suara masteran untuk cucak keling, silakan download pada tautan berikut:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Download aneka suara burung cucak keling untuk masteran

Berikan pakan berkualitas

Selain pola perawatan di atas, cara merawat burung cucak keling macet bunyi juga tidak boleh mengabaikan masalah pakan.

  • Berikan buah-buahan yang bervariasi, terutama pepaya dan semangka. Buah yang rasanya manis tersebut dapat membantu pemulihan dan meningkatkan stamina, sehingga dapat memancing burung untuk berkicau kembali.
  • Pakan serangga wajib diberikan setiap hari, khususnya jangkrik dan ulat hongkong warna putih.
  • Setiap beberapa hari, berikan kroto segar yang sebelumnya sudah dicuci dengan air garam. Air garam mampu membersihkan kroto dari kotoran dan bakteri, sekaligus merangsang burung untuk lebih rajin bunyi.
  • Pakan voer yang diberikan sebaiknya memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap.

Untuk membantu mempercepat pemulihannya, burung cucak keling bisa diberi suplemen TestoBirdBooster (TBB) yang banyak digunakan para kicaumania di Indonesia untuk mengatasi burung macet bunyi.

Itulah tips mengenai cara merawat burung cucak keling macet bunyi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.