Kenari Juno milik Om Iqbal Marcopollo siap tampil di Piala Raja

Kenari Juno siap tampil dalam even nasional Piala Raja di Candi Prambanan Jogja, Minggu 24 September 2017. Sang pemilik, Om Iqbal (Marcopollo Canary), bahkan sudah menyiapkan gaco andalannya dalam beberapa pekan terakhir, termasuk menjajalnya dalam berbagai even di Jabodetabek.

Awal bulan ini, kenari Juno juga sukses menjuarai even Melody Enterprise di Jakarta (1/9), sekaligus ikut mengantar Marcopollo SF meraih juara umum single fighter. Sebelumnya, Juno juga kerap memenangi even lokal, regional, dan nasional, terutama di kelas standar kecil.

Marcopollo SF
Marcopollo SF saat menjadi juara umum di Melody Enterprise Jakarta.

Kenari Juno termasuk jenis AFS warna hijau. “Materi lagunya istimewa. Durasi kerjanya juga maksimal. Sejak awal digantang hingga menit akhir penilaian, burung terus bekerja,” kata Om Iqbal yang dikenal sebagai pengorbit kenari andal.

Juno mempunyai cengkok mewah, dengan volume di atas rata-rata. Durasi kicauannya bisa mencapai 40 detik. Bahkan saat digantang dan ketemu lawan-lawannya, durasi kicauannya pernah mencapai 1 menit.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Menurut Om Iqbal, kenari Juno termasuk gaco anyar koleksinya yang paling bersinar saat ini. Di rumah, dia juga masih menyimpan belasan ekor kenari prospek lainnya yang siap diorbitkannya.

Kenari Juno
Kenari Juno andalan Om Iqbal (Maropollo Canary) siap tampil di Piala Raja.

Tips perawatan kenari Juno

Karena di rumahnya ada belasan kenari lain, maka Juno sehari-hari mendiami sangkarnya dalam kondisi full kerodong. Kerodong hanya dibuka pada saat tertentu, misalnya pagi hari saat dianginkan atau ketika sangkar sedang dibersihkan.

Untuk keperluan mandi, Om Iqbal cukup menyediakan cepuk berisi air di dalam sangkarnya. Usai mandi, burung langsung dijemur, namun hanya selama 30 menit saja.

Setelah dijemur, burung dianginkan sambil diberi extra fooding (EF) seperti jagung dan daun pokcay. Ini dilakukan setiap hari. Selanjutnya, burung langsung diistirahatkan dalam kondisi sangkar dikerodong.

Seminggu sekali, kenari Juno dimasukkan dalam kandang umbaran. Biasanya dilakukan hari Senin, atau sehari  setelah berlomba. “Sejak pagi hingga sore di kandang umbaran,” jelasnya.

Menjelang lomba, kenari Juno tak hanya diberi EF berupa jagung dan daun pokcay saja, tetapi diselingi pula dengan pemberian apel merah.

Om Iqbal
Om Iqbal (WA 0822 2005 0557) spesialis pengorbit / pencetak kenari jawara.

Dengan perawatan tersebut, prestasi kenari Juno makin mengkilap. Jika ingin berkonsultasi dengan Om Iqbal mengenai perawatan kenari, silakan kontak via WA (0822 2005 0557), atau bisa juga mampir di rumahnya, Jalan Karang Jaya No 2, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (d’one)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.