Manfaat minyak kelapa untuk burung kicauan

Manfaat minyak kelapa untuk burung kicauan –Minyak kelapa tak hanya bisa digunakan untuk memasak atau keperluan rumah tangga lainnya. Burung kicauan pun bisa memperoleh manfaat dari minyak kelapa, dan hal ini jarang diketahui para kicaumania.

Manfaat minyak kelapa untuk burung kicauan
Minyak kelapa memiliki sejumlah manfaat untuk burung kicauan.

Minyak kelapa terbuat dari kelapa segar, yang diolah melalui proses pemanasan maupun tanpa pemanasan, tanpa menggunakan bahan kimia.

Sebagian penggemar burung paruh bengkok (parrot) sudah lama mengetahui manfaat minyak kepala untuk burung piaraannya. Namun masih sedikit penggemar burung kicauan yang mengetahui manfaat tersebut.

Hasil penelitian para ahli menyebutkkan, minyak kelapa merupakan sumber alami beta karoten. Beta karoten yang dikonsumsi tubuh diubah menjadi vitamin A melalui proses pencernaan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak cukup tinggi, antara lain asam laurat (lauric), capric, monolauric, dan caprylic. Semuanya bermanfaat sebagai anti-bateri, anti-parasit, anti-jamur, dan anti-virus.

Jika dipetakan, berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk burung kicauan:

A. Sebagai anti-parasit

Mengoleskan minyak kelapa pada bulu burung setiap berkala (beberapa minggu sekali) bisa membuat bulu menjadi lebih sehat dan berkilauan. Selain itu, dapat mencegah serangan parasit atau tungau pada kulit dan bulu burung.

B. Sebagai anti-jamur

Kulit dan kaki burung yang terlihat kering dan bersisik bisa disebabkan infeksi jamur. Minyak kelapa bisa digunakan untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah tersebut. Oleskan minyak kelapa pada bagian tubuh atau kaki burung yang tampak kering dan penuh sisik.

Bukan itu saja, minyak kelapa juga bisa dioleskan ke bagian kulit burung yang mengalami kebotakan akibat jamur maupun kulit kering.

C. Membantu penyerapan nutrisi

Minyak kelapa bisa membantu memperbaiki efektifitas penyerapan nutrisi di dalam tubuh burung. Jika penyerapan nutrisi berjalan baik, maka berbagai kemungkinan defisiensi zat gizi tertentu bisa dihindari.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga bisa membantu mencegah obesitas / kegemukan pada burung. Konsumsi minyak kelapa pun dapat membantu mengatasi infeksi pada saluran pencernaan burung.

Cara memberikan minyak kelapa pada burung kicauan

Ada beberapa cara dalam pemberian minyak kelapa kepada burung kicauan. Misalnya diteteskan pada paruh/mulut burung dengan menggunakan dropper. Bisa juga digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan pakan racikan.

Namun cara yang paling mudah adalah mencampurkan minyak kelapa dengan pakannya seperti biji-bijian maupun serangga.

1. Untuk burung pemakan bijian

Burung pemakan bijian seperti parkit, lovebird, kenari, finch, dan perkutut dapat diberikan minyak kelapa setelah dicampurkan dengan pakan biji-bijian. Berikut ini penjelasannya:

  • Masukkan pakan bijian dalam cepuk kecil terpisah. Setelah itu, tuangkan 1 sendok teh kecil minyak kelapa, kemudian diaduk hingga semua bahan bercampur rata.
  • Berikan pakan tersebut sebagai pengganti pakan utamanya.
  • Angkat pakan tersebut setelah beberapa jam, atau setelah burung dianggap cukup mengkonsumsi pakan bijian yang telah dicampur minyak kelapa.
  • Masukkan lagi cepuk pakan yang berisi bijian kering yang biasa diberikan.
  • Pakan yang dicampur minyak kelapa sebaiknya diberikan beberapa hari sekali, atau seminggu sekali.

2. Untuk burung pemakan serangga

  • Minyak kelapa dituang ke dalam cepuk pakan. Setelah itu masukkan serangga yang akan diberikan (jangkrik, ulat hongkong, dan sebagainya).
  • Aduk minyak sampai menempel ke tubuh serangga tersebut. Segera berikan serangga yang telah bercampur minyak kelapa kepada burung.
  • Pemberian serangga yang dicampur minyak kelapa sebaiknya dilakukan beberapa hari sekali atau satu minggu sekali.

Demikian informasi mengenai beragam manfaat minyak kelapa untuk burung kicauan. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menambahkan minyak ikan dengan manfaat dan cara pemberian yang sama.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.