Suara kicauan burung twatwa, picolet, dan rowti: Mantap untuk masteran!

Pernah mendengar suara kicauan burung twatwa, picolet, dan rowti? Ya, ketiga burung tersebut memang nyaris tak terdengar di Indonesia. Pasalnya burung-burung ini hanya bisa dijumpai di Benua Amerika. Twatwa, picolet, dan rowti merupakan burung kicauan paling popular di Suriname: negara di Amerika Selatan yang mayoritas warganya merupakan keturunan dari Jawa.

Tiga jenis burung popular di Suriname dan suaranya untuk masteran
Tiga jenis burung popular di Suriname dan suaranya untuk masteran.

Warga Suriname juga hobi memelihara burung kicauan, dan ini sudah berlangsung lama. Sama seperti di Indonesia, sebagian kicaumania hanya menjadikan burung piaraannya sebagai kelangenan di rumah, namun ada juga yang suka melombakannya.

Jenis burung yang popular dilombakan di Suriname antara lain twatwa, picolet, dan rowti. Mantan petinju legendaris Mike Tyson pun kerap melombakan burungnya di Suriname.

Biasanya, lomba burung hanya dilakukan beberapa bulan sekali di Lapangan Kemerdekaan (Indepedence Square), tak jauh dari Istana Kepresidenan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sistem lombanya memang berbeda dari Indonesia. Di sana, burung yang dilombakan harus berkelamin jantan. Burung tidak digantang ramai-ramai, tetapi dilakukan secara bergantian.

Setiap sesi hanya diikuti dua ekor burung yang digantang dalamj arak sekitar satu meter. Penilaian hanya dilakukan oleh dua orang juri, dengan kriteria variasi suara dan durasi kicauan. Coba lihat cuplikan video berikut ini:

Berikut ini sekilas informasi mengenai tiga jenis burung kicauan terpopular di Suriname, yang memiliki suara kicauan bervariasi, dengan lagu-lagu ngerol, dan bisa dimanfaatkan untuk memaster burung-burung piaraan Anda di rumah.

1. Suara kicauan burung twatwa

Burung twatwa berbeda dari towa towa yang pernah diulas omkicau.com. Twatwa memiliki nama resmi large-billed seed-finch (Sporophila crassirostris) yang sangat digemari kicaumania di Amerika Selatan.

Suara kicauan burung twatwa
Burung twatwa memiliki suara ngerol yang bervariasi.

Spesies ini memiliki wilayah persebaran mulai dari Brazil, Kolombia, Venezuela , hingga Suriname. Tubuhnya berwarna hitam, paruh putih, dan memiliki bercak putih di sayap. Burung betina memiliki tubuh berwarna cokelat kusam.

Suara kicauan burung twatwa sangat bervariasi dengan karakter suara ngerol. Nah, suara ngerolnya itulah yang dapat dimanfaatkan untuk memaster kenari maupun jenis burung kicauan lainnya.

  • Suara ngerol burung twatwa untuk masteran | DOWNLOAD

2. Suara kicauan burung picolet

Picolet adalah nama kondang yang digunakan kicaumania di Suriname untuk menyebut burung chestnut-bellied seed finch (Oryzoborus angolensis). Spesies ini memiliki wilayah persebaran cukup luas di Amerika Selatan.

Suara kicauan burung picolet
Burung picolet atau towa towa.

Selain di Suriname, picolet juga sangat popular di beberapa negara, terutama Brazil. Kicaumania di sana menyebutnya towa towa atau curio. Burung ini kerap dijadikan kelangenan maupun dilombakan. Info lengkap seputar burung towa towa bisa dilihat kembali dalam artikel  Merdunya suara kicauan burung towa towa.

  • Suara burung picolet / towa towa untuk masteran | DOWNLOAD

3. Suara kicauan burung rowti

Burung eowti memiliki nama internasional ruddy-breasted seedeater (Sporophila minuta). Spesies ini bisa ditemukan di Brazil, Kolombia, Costarika, El Savador, Panama, dan Suriname.

Burung rowti mempunyai ukuran tubuh kecil (6 cm), berwarna karat, dengan kepala abu-abu. Dibandingkan dengan twatwa dan picolet, suara burung rowti juga lebih lembut dan monoton.

Suara kicauan burung rowti
Burung rowti memiliki postur sangat kecil (panjang tubuh 6 cm).
  • Suara kicauan burung rowti untuk masteran | DOWNLOAD

Itulah informasi sekilas serta suara kicauan burung twatwa, picolet, dan rowti yang sangat popular di Suriname.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.