Beberapa cara mengolah bawang putih untuk burung kenari dan lovebird

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan. Tetapi masih banyak kicaumania yang belum mengerti betul cara memberikan bawang putih kepada burung kicauan, khususnya untuk kenari dan lovebird. Sebagai panduan, berikut ini beberapa cara mengolah bawang putih untuk burung kenari dan lovebird.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara mengolah bawang putih untuk lovebird dan kenari
Cara mengolah bawang putih untuk lovebird dan kenari.

Dalam bentuk utuh, bawang putih tidak berbau. Namun ketika ditumbuk atau dipotong, muncul bau yang menyengat. Munculnya bau ini karena zat alin pada bawang putih mengalami kontak dengan enzim alinae, lalu terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat.

Aroma bawang putih ini makin menyengat apabila kandungan zat belerang yang terdapat dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, karena ammonia adalah zat yang mudah menguap. Kandungan senyawa dari alisin itulah yang dianggap berkhasiat karena memiliki sifat obat atau efek menyembuhkan.

Lihat juga: Beberapa khasiat bawang putih untuk burung kicauan

Selama ini, penggunaan bawang putih untuk burung kicauan lebih sering diterapkan para kicaumania untuk burung pemakan bijian, terutama kenari dan lovebird. Meski demikian, bawang putih juga bisa diberikan untuk jenis burung lainnya, termasuk merpati dan perkutut.

Berikut ini beberapa cara mengolah bawang putih untuk burung kenari dan lovebird.

1. Mencampur bawang putih dan air 

cara mengolah bawang putih
Bawang putih dicampur dengan 1 liter air.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Ambil lima siung bawang putih, kemudian dipotong kecil-kecil (bisa juga ditumbuk). Potongan atau hasil tumbukan dimasukkan ke dalam botol berisi 1 liter air bersih. Simpan botol tersebut di dalam lemari pendinging / kulkas selama kurang lebih 12 jam.

Setelah 12 jam, botol dikeluarkan dari kulkas, lalu airnya disaring menggunakan saringan teh, untuk memisahkan air dan ampasnya. Air hasil saringan itulah yang nantinya digunakan sebagai air minum untuk burung. Untuk hasil yang optimal, air minum diberikan setiap 2-3 hari sekali.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

2. Memasukkan potongan bawang putih ke dalam air minum

bawang putih
Potongan bawang putih (dilingkari) dimasukkan ke dalam wadah air minum burung.

Cara ini paling mudah dilakukan, karena Anda cukup mengambil 1 siung bawang putih, lalu dipotong jadi dua. Salah satu potongan dimasukkan ke dalam air minum burung.

3. Mencampur pakan bijian dan bawang putih

  • Beberapa siung bawang putih ditumbuk atau diparut sampai halus. Hasil parutan dicampur dengan air hangat, lalu dibiarkan beberapa jam. Setelah itu, air disaring dengan saringan halus untuk memisahkannya dari ampas bawang putih.
  • Air hasil saringan digunakan untuk merendam pakan bijian yang biasa dikonsumsi burung. Perendaman ini dimaksudkan agar sari bawang putih bisa meresap ke dalam biji-bijian tersebut.
  • Setelah direnam beberapa jam, pakan kemudian diangkat dan ditiriskan.
  • Siapkan wadah / nampan yang telah dilapisi kertas koran. Letakkan biji-bijian tersebut di atasnya, untuk proses pengeringan.
  • Pengeringan bisa dilakukan dengan menjemur di bawah sinar matahari atau menggunakan oven. Setelah kering, pakan bijian bisa langsung diberikan kepada burung.

Selain bisa menjaga kondisi dan mencegah penyakit, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah parasit yang biasa bermukim di dalam sangkar. Caraya, potong bawang putih dalam ukuran kecil, lalu disebarkan pada lantai sangkarnya.

Itulah beberapa cara mengolah bawang putih untuk burung kenari dan lovebird. Selamat mencoba!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Selamat siang om Duto, pertanyaan saya air yg sudah dibuat dengan banyaknya 1L itu sisa nya disimpan didalam kulkas atau tidak dikulkaskan tidak apa-apa? Terima kasih

Komentar ditutup.