Perawatan kenari Astro Boy 03 andalan Om Iman (Arema GBC)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kenari Astro Boy 03 –Om Iman SH tak hanya sukses dalam beternak kenari. Kicaumania asal Cilacap yang mukim di Depok ini juga pemain serta pengorbit kenari. Kini, di sela-sela kesibukannya sebagai wakil pimpinan rumah makan padang Pondok Baru, Cipayung, Depok, Om Iman juga mulai beternak murai batu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Iman SH
Om Iman SH, peternak dan pengorbit kenari jawara.

“Sekarang saya juga beternak murai batu, untuk mengimbangi harga kenari yang anjlok di pasaran. Saya sudah kasih harga murah, eh… masih saja ditawar konsumen,” ujar Om Iman.

Kendati demikian, dia tetap konsisten main di kelas kenari. Salah satu gaco terbaiknya adalah kenari Astro Boy 03. Sudah tiga tahun burung ini berada di tangannya dan berjasa melambungkan namanya di kancah lomba burung, khususnya di wilayah Depok dan sekitarnya.

Kenari Astro Boy 03
Kenari Astro Boy 03 kebanggan Om Iman SH.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

“Hampir setiap hari, kenari Astro Boy 03 dilombakan. Libur hanya hari Senin. Sekarang istirahat dulu, karena burung sedang mabung,” ujarnya kepada omkicau.com.

Om Iman membeli kenari Astro Boy 03 dari salah seorang temannya, pada tahun 2014. Pemilik lama menjualnya, karena jengkel burung tak pernah juara. Proses pembeliannya cukup unik, yaitu tukar-tambah.

Kenari Astro Boy 03
Kenari Astro Boy 03 dalam kondisi mabung.

“Saya mendapatkan Astro Boy 03 dengan memberikan kenari F2 hasil ternak sendiri, ditambah uang lima juta rupiah,” tambah Om Iman.

Begitu menjadi miliknya, Om Iman langsung meminta rekannya untuk mencari settingan terbaik bagi Astro Boy 03 agar bisa tampil bagus di lapangan. Usaha ini berhasil, lantaran burung secara bertahap mulai berprestasi di lapangan, dan bertahan sampai sekarang.

Kenari Astro Boy pernah menjuarai Danlanud Cup I di Bogor (2014), Piala Brother SF di Cibubur, PDIP Cibibong (2015), Atlantic Bogor (2016), dan sebagainya. Bahkan, beberapa kali meraih double winner di Cidebog Enterprise, Cibibong, Bogor.

Kenari Astro Boy 03
Sebagian koleksi trofi dan piagam kemenangan kenari Astro Boy 03.

Astro Boy 03 punya durasi bunyi 40 – 60 detik dalam sekali ketukan dengan jeda hanya 3-7 detik saja. Powernya juga mantap dan selalu tampil fight.

Perawatan kenari Astro Boy 3

kenari Astro Boy 03
Tips perawatan kenari Astro Boy 03.

1. Perawatan harian (Senin – Jumat)

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Mandi semprot setiap pagi, pukul 07.00.
  • Penjemuran pukul 07.30 – 09.00.
  • Pakan kenari merek Corona (1 sendok makan).
  • Extra fooding (EF) sawi sendok.
  • Air minum bersih diganti setiap hari.
  • Siang hari, burung tidak dikerodong. Malam hari full kerodong.
  • Pemasteran menggunakan burung kenari lokal bertipe nada melengking, yang ditempatkan di sebelah kanan dan kiri kenari Astro Boy 3.

2. Setelan lomba (Sabtu – Minggu)

  • Pada H-1 (Sabtu), EF sawi sendok diganti dengan sawi hijau. Burung juga diberi telur puyuh. Perawatan lainnya sama seperti harian.
Perawatan kenari Astro Boy 03
Sawi sendok diberikan setiap hari. Sabtu-Minggu diganti sawi hijau.
  • Pada Hari-H (Minggu), perawatan nyaris sama seperti H-1, namun ditambah tiga biji haver / oat.
Om Iman SH
Om Iman SH bersama beberapa kenari koleksinya,
cara merawat burung kenari
Koleksi kenari milik Om Iman SH.
Om Iman SH
Om Iman SH (kanan) bersama artis Ucok Baba di RM Pondok Baru, Cipayung, Depok.

Sudah banyak pemain kenari yang berminat meminang Astro Boy 03, dengan penawaran tertinggi Rp 20 juta. Tetapi Om Iman belum mau melepasnya, kecuali jika maharnya Rp 25 juta. (neolithikum)

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.