Breeding murai batu RS BF Jakarta andalkan lima induk jawara

Breeding murai batu RS BF Jakarta sudah beroperasi selama dua tahun terakhir ini, berlokasi di Jalan Pasir 3 No 50, RT 01 / RW 06, Ciganjur, Jakarta Selatan. Penangkaran murai batu ini milik H Rojali dan Om Samsuri, keduanya masih saudara sepupu.

breeding murai batu RS BF Jakarta
H Rojali (kiri) dan Om Samsuri, duet pengelola breeding murai batu RS BF Jakarta.

Jumlah pasangan induk yang dimiliki memang hanya lima, tetapi semua pejantannya merupakan murai batu eks jawara lomba. Kelima induk jantan tersebut adalah New Anjali, Petir, Rambo, Jenglot, dan Gasangka.

“Sejak awal RS BF memang fokus pada kualitas produk, bukan ingin mencetak anakan sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah, sudah banyak murai batu produk RS BF yang moncer di tangan para pemain,” kata Om Rojali.

Kicaumania yang sehari-hari bekerja sebagai staf di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta ini dulu dikenal sebagai pemain lomba. Koleksi murai jawaranya cukup banyak, sehingga dia berfikir lebih baik diternak saja.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun lantaran kesibukan kerja, dia mempercayakan pengelolaan ternak murai batu ini kepada Om Samsuri. Kandang ternak pun ditempatkan di kediaman saudara sepupunya itu.

“Kebetulan Om Samsuri itu orangnya ulet dan sabar. Dia juga sangat telaten dalam menangkar, dan alhamdulillah berhasil,” lanjutnya.

breeding murai batu RS BF Jakarta
Om Samsuri sedang merawat anakan murai batu.

Sebelum produknya dilempar ke pasaran, Om Rojali mencoba menurunkan beberapa murai batu hasil ternaknya ke lapangan. Salah satunya adalah murai batu Ken Arok, anakan pertama New Anjali. Ternyata bisa meraih juara.

Dalam waktu singkat, anakan-anakan berikutnya mulai dipesan para koleganya sesama pemain. “Biasanya murai batu hasil breeding RS BF mulai berprestasi pada umur delapan bulan,” ujarnya.

Kandang penangkaran murai batu RS BF

Kandang penangkaran murai batu RS BF relatif sederhana, dan dibuat dalam bentuk petak-petak berjejer di belakang rumah Om Samsuri.

Setiap petak kandang mempunyai lebar 1,2 m, panjang 2 m, dan tinggi 2,5 m. Semua dindingnya  terbuat dari batako, kecuali dinding depan yang menggunakan kawat halus / ram.

breeding murai batu RS BF Jakarta
Kandang breeding murai batu RS BF Jakarta.

Kebutuhan pakan utama untuk murai batu indukan hanya berupa jangkrik, disediakan sebanyak-banyaknya. Kroto segar hanya diberikan dua kali seminggu.

Setiap induk jantan eks jawara dicarikan jodoh melalui seleksi cukup ketat, antara lain berumur 8 bulan atau lebih, serta kondisi fisiknya bagus.

Setelah berjodoh, pasangan induk segera berproduksi. Anakan yang menetas baru dipanen pada umur 7-10 hari untuk dibesarkan dalam kandang tersendiri.

Sertifikat dan ring anakan murai batu hasil breeding RS BF Jakarta
Anakan murai batu dipanen pada umur 7-10 hari.

Selama masa pembesaran, anakan murai batu dimaster dengan beberapa jenis burung seperti cililin, serindit, lovebird, serta cucak jenggot.

Trotolan murai batu dipasarkan pada umur 3 bulan, dengan harga mulai dari Rp 3,5 juta / ekor.  Anakan dari kandang favorit memiliki banderol harga lebih mahal.

penangkaran murai batu
Istri Om Samsuri ikut membantu dalam pembesaran anakan murai batu.

RS BF menggaransi trotolan murai batu yang dijualnya berjenis kelamin jantan. Apabila ternyata betina, maka pembeli bisa menukarnya. “Yang penting sesuai dengan nomor ring dan kode yang tertera pada sertifkat,” tambah Om Rojali.

Anakan murai batu dari induk A, B, C, dan seterusnya bisa dibedakan dari warna ringnya. Hal ini untuk memudahkan pemantauan, terutama ketika murai batu mulai ditampilkan di lapangan.

breeding murai batu RS BF Jakarta
Sertifikat dan ring anakan murai batu hasil breeding RS BF Jakarta.

Kini produk RS BF telah tersebar di sejumlah kota besar di Tanah Air, dan sebagian besar moncer di lapangan. Apabila Anda ingin memperoleh anakan murai batu trah juara hasil breeding RS BF, silakan kontak Om Rojali / Om Samsuri, dengan nomor WA 0812 805 3901. (d’one)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.