Spesies burung baru ditemukan di Pulau Rote, namanya Iriana

Jumlah spesies burung di Indonesia kini bertambah, setelah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaporkan penemuan terbarunya. Spesies burung baru ini ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Spesies baru itu diberi nama burung iriana, yang mengingatkan pada nama Ibu Negara kita.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

burung iriana
Spesies burung baru itu diberi nama seperti nama Ibu Negara: Iriana.

Burung iriana ditemukan pada 12 Oktober 2017 oleh peneliti LIPI bernama Dewi M Prawiradilaga. Spesies ini lantas dimasukkan dalam genus Myzomela dari keluarga Meliphagidae atau keluarga burung isap-madu.

Seperti diketahui, semua spesies burung dari keluarga isap-madu termasuk burung dilindungi menurut PP No 7/1999 dan UU No 5/1990. Karena itu, burung iriana pun termasuk burung dilindungi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Meski belum memiliki nama resmi yang akan digunakan dalam Daftar Burung Indonesia, spesies ini telah mempunyai nama ilmiah Myzomela irianae. Penggunaan nama Ibu Negara sebagai nama burung ini pun telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo.

Karakteristik fisik burung iriana

Burung iriana memiliki panjang tubuh 17,2 cm dengan bobot 32,23 gram. Punggung dan ekornya hitam, pertengahan punggung sampai tunggir berwarna merah, dengan sayap hitam.

Bulu-bulu di bagian kepala hingga dada bagian atas serta tengkuk leher berwarna merah tua. Kekang hitam, dan ada garis tipis kehitaman di sekeliling mata. Tubuh bagian bawah berwarna zaitun, paruh dan kaki hitam, iris mata cokelat.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

burung iriana
Burung iriana: Punggung dan ekor hitam, kepala berwarna merah tua | Dokumentasi LIPI

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung iriana merupakan pemakan nektar, yaitu cairan manis yang terdapat pada bunga. Burung ini juga menyukai beberapa jenis serangga kecil, termasuk laba-laba.

Habitatnya berada di semak-semak, tepi hutan, dan areal perkebunan yang memiliki pohon berbunga. Kadang terlihat memakan nektar pohon jati di sekitar perkampungan.

Belum ada rekaman suara kicauan dari burung ini. Namun disebutkan, suara kicauannya merdu saat sedang terbang. Rote adalah pulau terbesar di Kepulauan Rote / Roti yang ada di Nusa Tenggara Timur. Kepulauan tersebut berada di wilayah paling selatan Indonesia.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

  1. Om kicau itu penjual burung madu istilah Kolibri konin marak dijual bebas. Disitu sering ada artikel burung penghisap madu dilindungi tp knp gk ada tindakan untuk dilanjuti. Tolong om kicau disampaikan ke instansi terkait supaya tetep lestari si burung madu karena lama2 bisa punah. Terima kasih

Komentar ditutup.