Rampung mabung, kacer Butterfly milik Uda Dogan makin berprestasi

Kacer Butterfly merupakan burung sarat prestasi kepunyaan duet bapak-anak, Uda Dogan serta Om Erik dari Nusantara Bird Club (NBC) Jambi. Dalam lomba burung berkicau Independent Day yang berlangsung di Lapangan Bandara BC, Jalan RA Siagian, Pasir Putih, Kota Jambi, Minggu (5/11), kacer Butterfly sukses mencetak hattrick.

kacer Butterfly
Kacer Butterfly andalan Uda Dogan dan Om Erik.

Turun tiga kali, burung ini selalu meraih juara pertama, masing-masing Kelas KMJ, Bintang, dan Sejati. Saat berlomba, kacer Butterfly tampil meliuk-liuk sambil mengeluarkan materi isian nya yang terdiri atas jalak papua, jalak kebo, jalak suren, lovebird, cucak jenggot, serta burung-burung kecil seperti burung-madu (“kolibri”) dan parkit.

Tak ayal, aksinya memukau para penonton yang menyaksikan gelaran Independent Day. Bahkan tim juri pun selalu memberikan bendera koncer A mutlak.

Om Erik
Om Erik saat moncer bersama kacer Butterfly di Independent Day.

Menurut Om Erik, penampilan kacer Butterfly setelah merampungkan masa mabungnya memang makin menawan. “Begitu beres mabung, September lalu, Butterfly saya coba mainkan di Lapangan Ceria, serta tampil dalam even Buana Team, dan KLWJ. Hasilnya, kacer Butterfly selalu juara pertama,” ujar Om Erik kepada omkicau.com.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tips perawatan kacer Butterfly

Baik Om Erik maupun ayahnya, Uda Dogan, sangat puas melihat perkembangan prestasi kacer Butterfly. Apalagi burung ini mudah sekali dalam perawatannya.

“Burung ini mudah ditempatkan di mana saja. Terkadang saya tempatkan di luar toko burung yang mana kerap dilalui mobil dan motor, serta dekat dengan burung-burung lainnya seperti murai batu dan cililin. Tapi Butterfly sama sekali tak terpengaruh,” jelas Om Erik lagi.

Perawatan hariannya juga simpel. Setiap pagi, kerodong sangkarnya dibuka, kemudian kacer dianginkan sebentar di luar rumah. Setelah itu dimandikan dan dijemur sepuasnya. Selanjutnya burung diberi 3 ekor jangkrik plus kroto segar (2 sendok teh).

cara merawat burung kacer
Om Erik saat menjemur kacer Butterfly.

Sore harinya, kacer Butterfly tidak perlu dimandikan lagi. Cukup diberi 3 ekor jangkrik. Khusus Senin dan Kamis, burung dimasukkan ke kandang umbaran untuk menguatkan staminanya.

Sehari sebelum lomba (H-1), burung diberi 10 ekor jangkrik, masing-masing pagi dan sore hari. Selain itu, sangkarnya dikerodong penuh. Lalu pada hari lomba, khususnya pagi hari, burung diberi 5 ekor jangkrik dan kroto secukupnya.

Uda Dogan yang bernama asli Zachmir punya usaha es campur serta air dogan (air kelapa muda). Itu sebabnya, namanya lebih dikenal sebagai Uda Dogan. Tiga tahun lalu, setelah usahanya berkembang pesat, dia membuka toko burung di sebalah warung dogan miliknya.

Uda Dogan
Warung Uda Dogan, Jl Prof Dr Soemantri Brojonegoro No 27, Sipin, Kota Jambi.

Uda Dogan termasuk salah seorang pendiri Nusantara Bird Club (NBC), salah satu klub burung yang cukup disegani di Jambi. Sejak tahun 2011, dia dipercaya menjadi penasihat NBC, serta aktif main ke lapangan.

Toko burung Uda Dogan
Uda Dogan (kiri) di depan toko burungnya, persis di sebelah warung dogan.

Gaco andalannya tak hanya kacer Butterfly, tetapi juga kapas tembak Cepot, murai batu Cabe Rawit, dan lovebird Nyonya Tua yang kini masuk dalam kandang penangkaran.

murai batu Cabe Rawit

Uda Dogan
Uda Dogan dan Om Erik bersama koleksi trofi kemenangan burung-burung koleksinya.

“Semoga Butterfly dan jagoan-jagoan lainnya bisa tampil maksimal dan selalu mengharumkan NBC dalam setiap even yang diikutinya,” tandas Uda Dogan. (Kelana Lana)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.