Tips mencetak lovebird biola untuk pemula bersama Om Tony Music

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tips mencetak lovebird biola –Tren lovebird warna, khususnya jenis biola, belakangan ini makin diminati. Hal ini karena harga jualnya terus merangkak naik. Memang, beternak lovebird warna membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun kalau berhasil, usaha ini bisa menjadi ladang penghasilan yang menguntungkan, mengingat haga jualnya saat ini lumayan tinggi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Untuk membantu peternak pemula, Om Tony Music selaku owner breeding lovebird Music BF Jakarta siap berbagi tips mencetak lovebird biola.

“Apabila modal yang dimiliki pas-pasan, kita bisa main di jenis split,” kata Om Tony Music yang mengawali breeding lovebird lomba sejak tahun 2006, dan kini juga beternak lovebird warna.

Music BF
Selain lovebird suara, Om Tony Music (Music BF) juga breeding lovebird warna.

Sebelum memulai beternak, kita mesti memahami dulu teori dasar persilangan lovebird jenis biola. Seperti diketahui, lovebird jantan dan betina dari jenis biola green akan menghasilkan anakan yang semuanya biola, baik biola jantan maupun biola green betina.

Bagaimana jika kita hanya memiliki lovebird jantan biola green, sedangkan betinanya dari jenis non-biola? Menurut Om Tony, masih ada kesempatan mendapatkan anakan dengan jenis biola, meski tidak semuanya.

Dalam hal ini, lovebird biola green jantan bisa dikawinkan dengan lovebird betina dari jenis blue fischery atau biasa disebut lovebird sayur.

Perkawinan tersebut akan menghasilkan lovebird biola yang pasti berkelamin betina, dan hijau standar (josan) yang berkelamin jantan. Anakan yang berjenis hijau standar ini disebut split.

“Jadi apabila kita mengawinkan lovebird jantan biola green dan lovebird betina blue fischery, maka anakan yang dihasilkan sudah pasti biola dan split. Harga lovebird split juga lumayan mahal lho,” tambah Om Tony Music.

Bagaimana jika sebaliknya, di mana lovebird betina biola green dikawinkan dengan lovebird sayur betina? Semua anaknya memiliki warna hijau standar (josan). Anakan yang berkelamin jantan memiliki sifat split biola, sedangkan yang betina non-split (terputus gen biolanya).

Om Tony Music menambahkan, lovebird split biola jantan bisa dikawinkan dengan lovebird biola betina, karena sebagian anaknya nanti akan berjenis biola.

mencetak lovebird biola
Pasangan lovebird biola green (kiri) dan biola lutino di kandang breeding Music BF.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Jika modal yang dimiliki memadai, lebih dianjurkan untuk mencetak lovebird biola dari induk jantan serta induk betina yang sama-sama berjenis biola green.

“Beternak lovebird warna sangat menguntungkan, meski dibutuhkan modal awal yang lumayan. Tapi kalau kita tekuni secara serius, dan kita rajin share kepada sesama komunitas, hasilnya lumayan, dan cepat balik modal,” tambahnya.

Dia mencontohkan, harga lovebird jantan biola green siap produksi (umur 7-8 bulan) saat ini sekitar Rp 15 juta / ekor. Adapun harga lovebird betina biola green pada umur yang sama sekitar Rp 8 juta / ekor. Modal yang dibutuhkan untuk membeli materi indukan berjumlah Rp 23 juta.

Jika sepasang induk lovebird biola green lancar berproduksi, maka BEP (break event point) atau balik modal  sudah tercapai hanya dalam dua kali masa produksi.

Misalnya, pada fase peneluran pertama menghasilkan dua ekor anakan lovebird biola. Pada umur 2-3 bulan, anakan tersebut sudah bisa dijual dengan harga Rp 7 juta / ekor. Pada fase peneluran kedua, menetas lagi dua ekor anakan.

Hanya dari dua fase peneluran, Anda sudah memperoleh pemasukan sekitar Rp 28 juta, alias sudah bisa balik modal. Itupun sudah termasuk biaya operasional sekitar Rp 5 juta selama 6 bulan.

Bahkan produksi pasangan induk bisa digenjot lagi, jika anakan dipanen pada umur 2 minggu, dibesarkan dengan cara diloloh oleh pemiliknya. Sebab jika anakan tidak dibesarkan langsung oleh induknya, maka pasangan lovebird bisa cepat berproduksi kembali.

Selain lovebird biola, Om Tony Music juga melakukan berbagai ujicoba untuk menghasilkan mutasi warna yang bagus. Misalnya, split blue dikawinkan dengan euwing blue, di mana anaknya berjenis biola euwing blue yang harga jualnya jauh lebih mahal.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

mencetak lovebird biola
Lovebird jantan biola split blue (kiri) dan betina euwing dark violet.

Begitu juga biola lutino dikawinkan dengan lovebird sayur (blue fischery), dengan harapan anaknya yang jantan berjenis split biola dan / atau split blue dengan harga Rp 7 juta – Rp 12 juta / ekor anakan.

Cara menjodohkan lovebird tanpa gelodok

Menjodohkan lovebird warna memang lebih sulit ketimbang lovebird suara. Pasalnya, kita tidak bisa begitu saja memasukkan calon induk betina dan jantan dalam kandang koloni, apalagi kalau kandang juga berisi beberapa lovebird lain yang hendak dijodohkan.

Dalam breeding lovebird warna, proses penjodohan harus lebih selektif, karena kita akan menjodohkan burung jantan dan betina yang sudah diseleksi berdasarkan jenis warnanya. Kendala lainnya, kata Om Tony Music, lovebird warna dikenal sensitif dan agak susah birahinya.

Karena itu, calon induk harus menjalani proses perkenalan terlebih dulu/ Dalam hal ini, lovebird jantan dan betina siap produksi (umur 7-8 bulan) dimasukkan dalam kandang kotak, tanpa gelodok.

breeding lovebird warna
Pasangan lovebird jantan biola lutino (kanan) dan betina blue fischery.

Biarkan keduanya saling mengenal lebih dekat. Untuk mendongkrak birahinya, berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti kangkung, tauge, jagung, biji bunga matahari (kwaci), ditambah sedikit fumayin.

Selama berada dalam kandang kotak tanpa gelodok, perkembangan pasangan ini harus selalu dipantau. Jika sudah terlihat beberapa kali kawin, pindahkan ke kandang beeding yang sudah dilengkapi dengan gelodok.

“Kalau baru saja berjodoh langsung dimasukan ke kandang gelodok, biasanya induk betina akan menguasai gelodok.  Induk betina akan sering memasuki gelodok ketimbang berduaan dengan pasangannya. Kawinnya pun akan lama, dan ini hanya buang-buang waktu saja,” jelas Om Tony Music.

Music BF lebih suka anakan diasuh induknya

Baik dalam breeding lovebird suara maupun lovebird warna, Music BF yang dikelola Om Tony Music lebih menyukai jika anakan diasuh langsung oleh induknya hingga masa remaja. Sebab kualitas anakannya lebih bagus ketimbang anakan yang dipanen pada umur 2 minggu dan dibesarkan oleh pemilik / perawat.

breeding lovebird warna
Anakan lovebird parblue di kandang breeding Music BF.

Hal ini sudah beberapa kali dibuktikan Om Tony Music. Pertumbuhan anakan lovebird yang diasuh induknya justru lebih cepat, serta lebih sehat, bahkan jarang terserang penyakit snot.

Anakan dibiarkan bersama induknya sampai umur 45 hari (1,5 bulan). Setelah itu baru disapih, ditempatkan dalam kandang besar hingga berumur 4-5 bulan.

Konsekuensinya, produktivitas induk memang tak secepat jika anakan dipanen sejak umur 2 minggu. Tapi Om Tony Music tak mau memusingkannya, karena sejak dulu dia memang fokus pada kualitas ketimbang kuantitas.

breeding lovebird Music BF
Anakan lovebird diasuh induknya hingga fase remaja.

Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa kontak langsung dengan Om Tony Music (HP 0812 938 7733). Boleh juga mampir ke penangkarannya, kawasa Ruko No 8E RT 9 / RW 10,  Jalan Raya Ragunan (samping Bank BNI) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Di ruko berlantai tiga ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai lovebird suara durasi panjang, serta aneka lovebird warna seperti biola, parblue, euwing, dan sebagainya. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.