Cara merawat burung jalak jambul thailand agar rajin bunyi

Burung kerak besar / great myna (Acridotheres grandis) mempunyai penampilan seperti kerak kerbau. Tetapi yang membedakannya adalah bentuk jambulnya lebih panjang. Di kalangan kicaumania, kerak besar lebih kondang disebut jalak jambul thailand. Berikut ini cara merawat burung jalak jambul thailand agar rajin bunyi.

cara merawat burung jalak jambul thailand
Burung jalak jambul thailand atau kerak besar / great myna (Acridotheres grandis).

Meski bukan termasuk burung asli Indonesia, kerak besar atau jalak jambul thailand kerap dijumpai di sejumlah pasar burung di Indonesia. Burung ini memiliki wilayah persebaran di India, Tiongkok, Thailand, dan Semenanjung Malaysia.

Sekilas, penampilannya mirip burung kerak kerbau yang banyak dipelihara kicaumania Indonesia. Perbedaan terletak pada jambulnya yang lebih memanjang. Dalam kondisi normal, panjang jambul burung jantan bisa mencapai 30 cm, Dalam kondisi breeding, jambulnya bisa bertambah panjang lagi.

Cara merawat burung jalak jambul thailand

Jalak / kerak termasuk kelompok burung yang mudah dalam perawatannya. Burung jalak juga gampang beradaptasi dengan lingkungan barunya, serta mudah jinak. Begitu pula yang bakal Anda alami saat merawat burung jalak jambul thailand.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk perawatan hariannnya, berikan pakan bervariasi setiap hari agar burung makin rajin bunyi. Pakan terdiri atas buah-buahan (pisang dan pepaya) dan serangga (jangkrik dan ulat hongkong).  Anda juga bisa memberinya nasi yang bermanfaat sebagai penambah energi, sekaligus untuk memancingnya rajin bunyi.

Karena jalak termasuk burung jorok, Anda harus rajin membersihkan sangkar dan perlengkapannya, termasuk rajin memandikan burung. Ini bisa dilakukan bersamaan pada saat burung dimandikan. Segera bersihkan sangkarnya dari kotoran, dan ganti air minumnya dengan yang baru bersih .

Jalak jambul thailand memiliki suara kicauan yang lebih nyaring daripada jalak kerbau biasa. Suaranya bahkan sangat bervariasi. Karena itu, selain melakukan perawatan rutin, Anda bisa melakukan pemasteran secara teratur agar suara kicauannya makin bervariasi.

Demikian tips atau cara merawat burung jalak jambul thailand agar makin rajin bunyi. Selamat mencoba.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.