10 jenis burung parrot yang pintar meniru ucapan manusia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung parrot / burung paruh bengkok terdiri atas puluhan spesies, dan sebagian besar memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Bahkan beberapa spesies burung parrot dapat dilatih untuk menirukan ucapan atau kata-kata manusia secara fasih. Berikut ini 10 jenis burung parrot yang pintar meniru ucapan manusia.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

 

1. Nuri abu afrika / african grey parrot

burung parrot-African grey parrot
African grey parrot

Nuri abu afrika / african grey parrot (AFG) dikenal paling cerdas dan sangat fasih menirukan ucapan manusia. Spesies ini merupakan burung endemik hutan hujan di wilayah barat dan tengah Afrika.

Selain pintar meniru ucapan manusia, nuri abu afrika juga mudah akrab dengan orang yang merawatnya. Hal ini bisa memudahkan perawat untuk melatihnya dengan berbagai ketangkasan, atau meniru ucapan manusia.

Berikut ini artikel seputar burung nuri abu afrika:

2. Nuri bayan

burung parrot-Nuri bayan
Burung nuri bayan

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung nuri bayan / Eclectus parrots mempunyai wilayah persebaran yang meliputi seluruh wilayah Papua kecuali di beberapa pulau kecil, serta Nusa Tenggara, Maluku, Bismarck, Solomon, dan Queensland (Australia).

Nuri bayan bisa menyalin sebagian besar ucapan manusia yang didengarnya, dan akan menirunya dengan suara yang sangat fasih dan mirip. Beberapa nuri bayan yang sudah terlatih bahkan bisa menyakikan lagu.

Lihat juga : Perawatan dan penangkaran nuri bayan

3. Kakatua

burung parrot-Kakatua
Burung kakatua, salah satu jenis parrot terpopular di Indonesia.

Burung kakatua juga sangat cerdas dan pintar menirukan beragam suara. Namun kemampuan bicara pada burung ini sangat tergantung pada latihan yang diberikan. Makin rutin dilatih, makin cepat pula burung kakatua menguasai suara tersebut.

Namun ada beberapa jenis burung kakatua yang pandai dan cepat meniru ucapan manusia, misalnya rose-breasted cockatoo (galah), kakatua-kecil jambul-kuning / yellow-crested cockatoo, dan long-billed cockatoo.

4. Yellow-naped amazon

burung parrot-Yellow-naped amazon
Yellow-naped amazon

Burung ini termasuk peniru ulung. Yellow-naped amazon memiliki kemampuan menyalin berbagai macam kata yang diucapkan manusia, lantas menirunya dengan kualitas suara yang sangat fasih dan jelas.

Yellow-naped amazon mulai belajar bicara sejak masih muda. Mereka bisa mempelajari banyak kata dan kalimat yang diucapkan pemiliknya.

Burung ini biasanya hanya terikat atau memiliki kedekatan / bonding kepada orang yang merawatnya. Jadi, interaksi antara pemilik dan burung menjadi faktor penting untuk mendukung kemampuannya dalam berbicara.

5. Kasturi kepala hitam

burung parrot-Kasturi kepala hitam
Burung kasturi kepala hitam

Kasturi kepala hitam / black-capped lory (Lorius lory) merupakan burung endemik Papua serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain berpenampilan cantik,  burung ini juga mampu menirukan beragam suara, termasuk suara manusia.

Burung yang kerap disebut nuti pala item ini terdiri atas tujuh ras / subspesies, dengan wilayah persebaran yang tidak selalu sama. Bahkan setiap ras memiliki sedikit perbedaan penampilan, termasuk warna bulunya.

Kasturi kepala hitam termasuk burung yang mudah jinak. Kalau rutin dilatih dengan satu kata atau kalimat, burung ini mudah menirunya. Namun, kasturi kepala hitam termasuk burung dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 / Tahun 1999. Dengan demikian, perdagangannya tidak sebebas jenis burung lainnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

6. Indian ringneck parakeet

burung parrot-Indian ring parakeets
Indian ring parakeet

Beberapa tahun terakhir, indian ringneck parakeet menjadi burung piaraan popular di sejumlah negara. Salah satu alasannya karena burung parrot ini sangat pandai meniru beragam suara, terutama ucapan manusia.

Indian ring parakeet dapat dilatih berbicara hingga 200-250 kata. Kemampuannya dalam meniru suara manusia juga dianggap berbeda dari jenis parrot lainnya. Namun hal itu tergantung pada proses pelatihannya.

Burung ini juga mudah meniru suara yang didengar di sekelilingnya, bahkan bisa meniru kata-kata dari sebuah lagu yang kerap didengarnya.

7. Blue-fronted amazon

burung parrot-Blue-fronted amazon
Blue-fronted amazon

Blue-fronted amazon berasal dari Amerika Selatan. Meski mempunyai kemampuan meniru beragam suara, burung ini harus terus-menerus dilatih agar bisa mengucapkan kata demi kata.

Burung ini memiliki hubungan batin yang sangat dekat dengan orang yang merawatnya. Karena itu, interaksi burung dan perawat sangat diperlukan. Begitu juga proses latihan harus dilakukan secara rutin.

8. Monk parakeet / quaker parrot

burung parrot-Monk parakeets
Monk parakeets / quaker parrot

Burung monk parakeet, atau kerap disebut quaker parrot, memiliki wilayah persebaran di Eropa hingga bagian utara dan selatan Amerika. Jika dilatih secara telaten, burung ini juga mempunyai kemampuan meniru ucapan manusia.

Monk parakeet juga bisa dilatih melakukan berbagai atraksi. Karena kemampuannya, burung ini sangat digemari para penggemar burung paruh bengkok di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Lihat juga: Monk parakeets, burung hama yang pintar meniru beragam suara

9. Yellow-crowned amazon

burung parrot-Yellow-crowned amazon
Yellow-crowned amazon

Yellow-crowned amazon dikenal sebagai burung lincah, cepat jinak, dan pintar menirukan beragam suara termasuk ucapan manusia.

Namun kemampuan bicara burung ini tergantung pada latihan dan interaksi yang dilakukan pemilik / perawat. Selain mempunyai suara yang sangat nyaring, burung paruh bengkok ini juga mempunyai umur yang sangat panjang: bisa lebih dari 60 tahun.

10. Parkit

burung parrot-burung parkit
Burung parkit

Meski bertubuh kecil, burung parkit punya kemampuan meniru ucapan manusia. Bahkan pada tahun 1995, ada seekor parkit yang tercatata dalam Guinnes World Record karena memiliki perbendaharaan 1.728 kata.

Memang, tidak semua parkit memiliki kemampuan sehebat itu. Namun ada beberapa individu yang bisa mempelajari hingga 300-500 kata dan kalimat.

Itulah 10 jenis burung parrot / paruh bengkok dikenal pandai meniru ucapan manusia dengan sangat baik.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.