Melatih mental burung anis merah sejak trotolan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Melatih mental burung anis merah dapat dilakukan sejak masih trotolan. Pada umur tersebut, mental burung bisa diasah sehingga setelah dewasa nanti menjadi lebih “tahan banting” dan selalu siap dilombakan. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Melatih mental burung anis merah
Sejak trotolan, burung anis merah perlu dilatih mentalnya.

Sebagian kicaumania menganggap perawatan burung anis merah itu gampang-gampang susah. Anggapan tersebut dipengaruhi oleh karakter anis merah yang “misterius” dan sifatnya yang selalu tenang.

Jika ingin memiliki anis merah yang tahan banting atau tidak mudah stres, carilah burung yang telah berumur mapan. Alternatifnya, carilah trotolan anis merah, kemudian dilatih mentalnya agar kelak menjadi burung mapan yang selalu siap dilombakan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tips melatih mental burung anis merah sejak trotolan

Melatih mental burung anis merah sejak trotolan bisa dilakukan dengan membiasakannya agar mau bunyi di tengah keramaian. Cara yang umum dilakukan adalah menggantang sangkarnya di antara anis merah trotolan lainnya, atau bisa juga jenis burung kicauan lainnya.

Proses ini dapat dilakukan ketika anis merah usai dimandikan, atau saat dijemur. Lakukanlah selama 2-3 bulan atau sampai anis merah sudah berani tampil.

Penggemblengan mental juga dapat dilakukan dengan membiasakan burung agar mau bunyi kapan dan di mana saja. Dalam hal ini, Anda jangan menggantng sangkarnya hanya di satu lokasi saja, tetapi berpindah-pindah tempat.

Cara yang biasa dilakukan adalah menitipkan trotolan anis merah tersebut di rumah rekan / tetangga yang kebetulan memelihara burung sejenis. Atau bisa juga dititipkan kepada pedagang burung yang sudah Anda kenal baik.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk melatih mentalnya agar terbiasa dengan keramaian, sangkarnya digantang di lokasi yang cukup ramai. Anda juga bisa menaruh sangkarnya pada lantai / tanah di tempat yang banyak dilalui manusia, terutama pada waktu akan dijemur.

Harus dibarengi dengan perawatan rutin

Melatih mental burung anis merah, terutama saat masih trotolan, tetap harus dibarengi dengan perawatan rutin atau teratur. Berikut ini beberapa tips perawatan rutin untuk trotolan anis merah.

  • Berikan voer yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap, jika tidak yakin, Anda bisa meningkatkan nilai gizi voer dengan menambahkan bahan-bahan bermanfaat lainnya (cek panduannya di sini).
  • Pakan tambahan yang berasal dari serangga harus selalu tersedia, terutama jangkrik, belalang, kroto, dan cacing tanah. Berikan pakan tambahan tersebut secara rutin setiap hari, dengan takaran yang disesuaikan kebutuhan.
  • Berikan multivitamin untuk menjaga kondisi trotolan anis merah sampai berumur dewasa. Misalnya BirdVit yang diberikan dengan cara dilarutkan dalam air minum.
  • Pemasteran dilakukan untuk menambah variasi suara kicauannya. Burung yang mempunyai banyak suara isian cenderung mempunyai mental sangat baik dan bisa tampil dengan penampilan lebih maksimal.

Demikian tips melatih mental burung anis merah sejak trotolan. Untuk informasi perawatan harian burung anis merah trotolan secara lengkap, silakan buka tautan berikut ini:

Tips perawatan anis merah trotolan secara efektif

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.