Cara memperbaiki jari kaki burung yang bengkok

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Nilai jual burung yang memiliki cacat fisik biasanya lebih rendah daripada burung-burung yang kondisi fisiknya normal. Salah satu bentuk cacat fisik adalah jari-jari burung yang bengkok. Hal ini membuat kaki burung tidak kokoh saat mencengkeram atau berdiri di atas tenggeran. Berikut ini cara memperbaiki jari kaki burung yang bengkok.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Memperbaiki jari kaki burung piaraan yang bengkok
Cara memperbaiki jari kaki burung yang bengkok.

Jari-jari kaki yang lurus dan simetris akan membuat burung bisa berdiri kokoh di atas tenggeran. Kondisi itu juga membuat burung cenderung lebih nagen saat berkicau.

Kalau jari-kakinya bengkok atau menekuk, tentu akan mengurangi kekuatan cengkeramannya. Selain membuatnya tak nyaman, jari kaki yang bengkok juga akan mengurangi penampilannya.

Kondisi jari kaki yang burung yang sehat membuatnya lebih kokoh mencengkeram
Jari kaki burung yang sehat dan lebih kokoh saat mencengkeram.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Untuk memperbaiki jari kaki burung yang bengkok, kita bisa melakukan semacam terapi. Terapi dibutuhkan untuk mempertahankan posisi jari-jari yang bengkok selama beberapa hari sampai kembali normal.

Setelah terapi, burung dapat kembali menggunakan jari-jari kakinya untuk mencengkeram dan bertengger secara lebih kuat dan kokoh.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cara memperbaiki jari kaki burung yang bengkok:

  • Bahan yang diperlukan dalam terapi ini adalah plester berperekat. Plester ini digunakan untuk mempertahankan posisi jari yang bengkok pada kondisi yang normal.
  • Tangkap burung dari dalam sangkarnya. Setelah itu, posisikan kaki yang bengkok itu ke kondisi normal.
  • Tahan sebentar, lalu ikat bagian jari-jarinya dengan plester. Pastikan agar plester mengikat jari-jarinya dengan kuat, untuk mencegah bergeser kembali.
memperbaiki jari kaki yang bengkok
Cara memperbaiki jari-jari kaki burung yang bengkok, Gambar hanya ilustrasi, metode yang dilakukan bisa saja berbeda

Setelah 10 hari atau lebih masa terapi, plester dibuka secara hati-hati. Biasanya, setelah beberapa hari masa terapi, pertumbuhan jari-jarinya akan kembali normal sehingga bisa digunakan burung untuk bertengger dengan cengkeraman lebih kuat dan kokoh.

Itulah cara memperbaiki jari kaki burung yang bengkok. Tapi bagaimana kalau kasus yang terjadi adalah jari kaki belakang menekuk ke depan. Untuk mengatasinya, silakan buka artikel berikut ini:

Jika jari kaki belakang burung menekuk ke depan, bagaimana mereparasinya?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.