Cara merawat burung poksay hongkong bakalan agar cepat berkicau

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Banyak pemilik poksay hongkong bakalan yang khawatir ketika burung rawatannya tak kunjung mengeluarkan suara siulannya. Sebenarnya, apabila dirawat secara tepat dan telaten, poksay bakalan akan terpancing untuk mengeluarkan siulannya. Bagaimana caranya? Berikut ini panduan mengenai cara merawat burung poksay hongkong bakalan agar cepat berkicau.

Cara merawat burung poksay hongkong bakalan
Burung poksay hongkong memiliki suara siulan khas.

Burung poksay hongkong bakalan lebih disukai karena harganya jauh lebih murah daripada burung  yang sudah jadi. Namun banyak pemula yang merasa galau ketika burung piaraannya tak kunjung berkicau, kendati sudah dipelihara cukup lama.

Biasanya, mereka khawatir kalau burung yang dibelinya itu ternyata berjenis kelamin betina. Poksay hongkong betina memang tidak mempunyai kemampuan berkicau sebagaimana burung jantan yang pandai bersiul dengan lagu-lagu yang bervariasi.

Suara poksay hongkong betina cenderung berupa suara panggilan yang lemah, dan terkadang disertai dengan suara erangan yang keras. Untuk membedakan burung jantan dan betina, silakan lihat kembali tautan di bawah ini:

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Tips memilih dan membedakan jenis kelamin burung poksay hongkong

Memelihara burung poksay hongkong bakalan memang membutuhkan pola perawatan yang teratur dan tepat, agar burung nantinya mau mengeluarkan suara kicauannya. Tanpa perawatan tepat, poksay hongkong jantan tidak mau mengeluarkan suara kicauannya yang mengalun merdu.

Cara merawat burung poksay hongkong bakalan agar cepat berkicau

Mengingat banyak pemula yang tertarik memeliharanya, berikut ini panduan mengenai cara merawat burung poksay hongkong bakalan agar cepat berkicau:

  • Gunakan sangkar yang sesuai. Burung poksay hongkong membutuhkan sangkar yang berukuran luas untuk mendukung aktivitasnya. Hindari penggunaan sangkar bulat, karena akan membuat burung mudah stres serta malas berbunyi.
  • Latihlah burung agar beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Cara yang biasa dilakukan adalah memindah-mindahkan penempatan sangkarnya di tempat berbeda setiap hari, atau beberapa hari sekali.
  • Lakukan pengembunan secara rutin untuk memancing burung mau berbunyi.
  • Berikan pakan tambahan secara teratur, khususnya buah pepaya matang dan beberapa ekor jangkrik.
  • Rajin memancing bunyi dengan memutarkan suara rekaman burung poksay hongkong yang sudah rajin bunyi di dekat sangkarnya. Jika rutin dilakukan, hal ini dapat membuat burung terpancing bunyi.

Berikut ini suara rekaman yang bisa digunakan untuk memancing bunyi burung poksay hongkong bakalan. File dapat diunduh di sini.

Itulah beberapa tips praktis mengenai cara merawat burung poksay hongkong bakalan agar cepat berkicau. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.