Giant sunbird, burung madu unik bertubuh jumbo dari São Tomé

Sebagian besar spesies burung-madu memiliki ukuran tubuh mungil, dengan panjang hanya sekitar 11 cm. Namun giant sunbird (Nectarnia thomensis) mempunyai panjang tubuh 20-23 cm, atau seukuran burung jalak serta kacer. Burung-madu raksasa ini hanya bisa dijumpai di São Tomé, Afrika, yang dikenal sebagai habitat satwa-satwa jumbo. 

Giant sunbird, jenis burung-madu yang bertubuh sangat besar
Giant sunbird, spesies burung-madu bertubuh sangat besar.

Giant sunbird adalah burung endemik São Tomé: negara kepulauah yang terletak di sebelah baratlaut lepas pantai Gabon. Negara ini juga dikenal sebagai salah satu negara terkecil di Afrika.

Meski dikenal sebagai negara kecil, Sao Tome menjadi habitat bagi beragam satwa yang berukuran besar, termasuk beberapa spesies burung.

Spesies burung-madu bertubuh jumbo ini mempunyai penampilan bulu berwarna hitam mengkilap kebiruan. Tubuh bagian bawah berwarna kuning pucat, dengan bentuk paruh melengkung dan panjang yang menjadi ciri khas burung-madu.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Selain burung-madu raksasa, di kawasan ini juga ditemukan beberapa jenis burung yang memiliki penampilan sangat jauh dari kerabatnya yang tersebar di dunia. Misalnya são tomé grosbeak (Critagra concolor), jenis burung finch yang terbesar di dunia.

Burung finch terbesar di dunia
São Tomé juga menjadi habitat burung finch terbesar di dunia.

Terdapat lebih dari 140 spesies burung yang berkembang biak di São Tomé, 20 di antaranya merupakan burung endemik seperti giant sunbird, são tomé grosbeak, dan manyar são tomé. Di kawasan ini juga ditemukan satu-satunya jenis burung ibis berukuran kecil, yaitu são tomé ibis / dwarf olive ibis (Bostrychia bocagei).

Giant sunbird mempunyai suara kicauan yang lebih nyaring dan lantang. Berbeda dari lagu-lagu burung-madu yang terkenal dengan cerecetannya, burung-madu jumbo ini justru mempunyai suara kicauan mirip cucak rante maupun cucak kinoy.

Sepasang giant sunbird yang sedang melakukan tarian kawin
Sepasang giant sunbird sedang melakukan tarian kawin.

Suara kicauan giant sunbird

Berikut adalah suara kicauan burung-madu raksasa yang bersumber dari Xeno Canto.

Badan Konservasi Dunia (IUCN) menetapkan status burung ini adalah Rentan ( Vulnerable), mengingat populasinya yang terus menurun. Catatan terakhir menyebutkan, populasi giant sunbird di habitatnya sekitar 250-999 individu.

Itulah keunikan burung-madu raksasa yang hanya ada di São Tomé, Afrika. Semoga menambah pengetahuan kita.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.