Tips memodifikasi sangkar harian menjadi kandang jebakan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Meski jarang digunakan, kandang jebakan sangat dibutuhkan dalam situasi darurat. Misalnya ketika burung piaraan terlepas. Dengan adanya kandang jebakan, tentu dapat memudahkan pemilik untuk mendapatkannya kembali. Untuk memacu kreativitas para kicaumania, berikut ini tips memodifikasi sangkar harian menjadi kandang jebakan sederhana.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

kandang jebakan
Kandang jebakan bisa membantu kita mendapatkan kembali burung yang terlepas.

Kandang jebakan biasanya digunakan untuk menangkap burung yang lepas. Kandang dilengkapi dengan pintu yang otomatis akan menutup ketika burung menginjak pemicunya: tenggeran. Anda pun bisa memiliki kandang jebakan, hanya dengan cara memodifikasi sangkar harian:

Bahan dan peralatan yang disiapkan:

  • Sangkar burung yang sudah tidak terpakai.
  • Bor mesin / tangan yang dilengkapi mata bor ukuran 3-4 mm atau disesuaikan.
  • Lem putih / lem kayu.
  • Bilah bambu ukuran +/- 50 cm.
  • Pisau / cutter.
  • Paku triplek.

Cara membuat kandang jebakan

  • Potong dan cabut jeruji pada salah satu bagian atas sangkarnya. Setelah itu, cabut batang kayu yang digunakan untuk menahan jeruji dengan sangat hati-hati.
membuat kandang jebakan
Memotong jeruji di bagian atas sangkar.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

  • Simpan jeruji di tempat aman, karena akan digunakan kembali.
  • Adapun batang kayu penahan jeruji akan dimodifikasi dengan membuat lubang baru pada lubang jeruji yang sudah ada. Lubang itu nantinya akan digunakan untuk menahan kawat, sehingga pintu sangkar bisa bergeser.
membuat kandang jebakan
Melubangi lubang yang sudah ada hingga tembus.
  • Selanjutnya, membuat 4 lubang baru di bagian depan dan belakang sangkar. Pastikan posisi masing-masing lubang sejajar, karena akan digunakan untuk memasang kawat yang berfungsi membuka-tutup pintu jebakan.
membuat kandang jebakan
Membuat empat buah lubang.
  • Membuat pintu jebakan: Pasangkan jeruji pada batangnya. Setelah itu, buatlah sebuah penopang dari bilah bambu seperti terlihat dalam gambar berikut ini:
membuat kandang jebakan
Membuat pintu jebakan.
  • Siapkan kawat ( bisa kawat jemuran / hanger kawat jemuran yang tidak terpakai), lalu dipotong sesuai dengan ukuran sangkar.
  • Masukkan kawat ke dalam masing-masing lubang. Pasangkan pintu jebakan yang baru dibuat tadi pada kawat tersebut. Atur kawat, lalu kencangkan agar pergeseran pintu jebakan bisa lancar tanpa hambatan.
membuat kandang jebakan
Pemasangan kawat.
membuat kandang jebakan
Pintu jebakan dipasangkan pada kawatnya.
  • Tahap selanjutnya membuat tenggeran. Tenggeran tersebut menggunakan bilah bambu yang dipotong sesuai dengan panjang sangkar yang digunakan. Bentuk tenggeran bisa mengikuti gambar berikut ini:
membuat kandang jebakan
Membuat tenggeran.
  • Setelah selesai, tenggeran dipasangkan ke bagian dalam sangkar.
membuat kandang jebakan
Tenggeran dipasang di bagian dalam sangkar.
  • Kini kandang jebakan sudah bisa digunakan. Tetapi jika ingin menjebak menggunakan burung pancingan / jontrot, maka harus dibuat sekat pemisah terlebih dulu.
  • Pemasangan sekat bisa menggunakan kawat ram maupun membuat jeruji baru di dalamnya. Sekat itu nantinya akan memisahkan ruangan yang berisi burung pancingan dengan pintu jebakannya.

Cara kerja kandang jebakan sederhana

Jebakan ini bekerja dengan memanfaatkan daya pegas dari karet yang dikaitkan pada pinggir kandang dan pintu jebakan. Tenggeran diletakkan pada posisi menahan pintu jebakan, Jika burung menginjak tenggerannya, maka kandang akan menutup secara otomatis.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

membuat kandang jebakan
Cara kerja kandang jebakan.

Untuk lebih jelasnya, simak videonya berikut ini:

Itulah tips memodifikasi sangkar harian yang tidak terpakai menjadi kandang jebakan sederhana ala omkicau.com. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.