Cara melepas ring di kaki burung yang bengkak

Ring pada kaki burung piaraan digunakan untuk tujuan identifikasi dan mengenali asal-usulnya, termasuk nama bird farm atau penangkarnya. Namun penggunaan ring terkadang dapat memunculkan masalah tersendiri, seperti alergi, infeksi jamur, dan kaki bengkak. Jika hal itu sampai terjadi, maka pencopotan ring harus segera dilakukan. Berikut ini cara melepas ring di kaki burung yang bengkak.

cara melepas ring di kaki burung
Kasus kaki burung yang mengalami bengkak akibat pemasangan ring.

Ring yang digunakan peternak umumnya terbuat dari bahan alumunium dan plastik, dan terdiri atas beberapa model sesuai dengan keinginan. Peternak mulai memasang ring ketika burung masih berumur 8-10 hari. Sebab pada saat itu sendi-sendi anakan burung masih cukup elastis sehingga tidak menyakiti kaki.

Selain terdiri atas berbagai model dan bahan, ukuran serta diameter ring juga bervariasi, sehingga harus disesuaikan dengan ukuran kakinya. Berikut ini diameter ring pada beberapa jenis burung:

  • Ring untuk finch dan pleci: diameter 2,5 mm
  • Ring untuk kenari dan ciblek: diameter 3,0 mm
  • Ring untuk murai batu, kacer, pentet, dan cucak jenggot: diameter 4,2 mm
  • Ring untuk lovebird: diameter 4,5 – 4,8 mm
  • Ring untuk perkutut dan burung punglor / anis: diameter 4,5 mm
  • Ring untuk burung jalak: diameter 4,8 mm
  • Ring untuk cockatiel, conure, dan cucakrawa: diameter 5,5 mm – 5,8 mm

Kalau diameter ring yang dipasang tersebut tidak tepat,  maka bisa memunculkan masalah di kemudian hari. Seiring dengan pertumbuhan burung, ring akan mengikat kencang pada kakinya, sehingga bisa menyebabkan kelainan serta pembengkakan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Untuk menghilangkan penderitaan pada burung, maka pencopotan ring harus segera dilakukan sebelum kondisinya bertambah parah.

Baca juga: Empat masalah umum saat burung dipasangi ring kode

Namun memotong ring di kaki burung tidak bisa dilakukan sembarangan, karena bisa membuatnya stres atau terluka. Dibutuhkan pengetahuan yang tepat mengenai cara melepas ring di kaki burung yang bengkak, serta peralatan yang dibutuhkan.

1. Peralatan yang digunakan

Ada peralatan khusus yang digunakan untuk memotong ring di kaki burung yang bemasalah, yakni ring cutter. Alat potong berbentuk seperti gunting / tang potong ini banyak dijual secara online.

Peralatan alternatifnya adalah kikir berbentuk segitiga yang bisa dibeli di toko material bangunan, atau dapat juga menggunakan gunting kuku yang tajam.

cara melepas ring di kaki burung
Peralatan yang digunakan untuk memotong ring burung.

2. Cara melepas ring di kaki burung yang bengkak

Sebelum melakukan pemotongan, cobalah menggeser-geser ring di kaki burung. Jika ring bisa digeser naik-turun, itu berarti proses pemotongan akan berjalan lebih mudah. Selanjutnya, siapkan plester kulit (misalnya Tensoplast) yang sudah dipotong dua lembar, dengan panjang 1-1,5 cm dan lebar 5 – 8 mm.

Pertama-tama, geserkan ring ke arah atas, lalu segera tempelkan plester pada area kulit tempat ring berada. Setelah itu, geserkan ring kembali ke arah bawah, lalu pasang plester di kulit bagian atasnya.

Pemasangan plester dilakukan untuk melindungi kulit dari cedera atau terluka saat proses pemotongan ring. Gunakan ring cutter / kikir untuk memotong ring dalam dua bagian, atau sampai ring terlepas sendiri dari kakinya.

cara melepas ring di kaki burung
Kondisi burung sebelum ring dilepas (kiri) dan sesudah ring berhasil dilepaskan (kanan).

Jika ring telalu rapat dengan permukaan kulit, sehingga tidak bisa bergeser naik-turun, maka pemotongan sebaiknya dilakukan menggunakan gunting kuku yang tajam. Dalam kasus ini, tak dianjurkan menggunakan alat potong seperti tang potong, ring cutter, atau kikir karena sangat rentan melukai dan membuat cedera pada kaki burung.

Gunakan gunting kuku untuk memotong ujung permukaan di salah satu bagian dari ringnya. Pemotongan dilakukan sangat hati-hati, sampai salah satu bagian dari ringnya terbelah.

Setelah itu, lakukan hal yang sama dengan ujung permukaan ring yang satunya, sampai ring berhasil lepas dengan sendirinya.

Pemotongan dengan menggunakan gunting kuku membutuhkan kesabaran dan konsentrasi tinggi, karena bergeser sedikit saja kaki burung bisa tergores dan terluka. Karena itu, sebelum melakukan pemotongan, kaki burung terlebih dulu diolesi minyak goreng / minyak zaitun agar ring bisa sedikit bergerak.

Setelah ring berhasil dilepaskan, tahap selanjutnya adalah membersihkan kaki burung dengan air hangat. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan kaki tersebut, sekaligus untuk membuang serpihan logam bekas pemotongan ringnya.

Apabila sudah kering, kaki burung kemudian diolesi dengan BirdCream untuk mencegah infeksi dari luka dan jamur. Semoga mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.