Jika kesulitan menjemur burung, ini dia solusi alternatifnya

Kesulitan menjemur burung kerap dialami para kicaumania pada musim hujan seperti sekarang ini. Apalagi kalau daerahnya sering dilanda hujan pada pagi dan siang hari, dengan durasi cukup lama. Kesulitan menjemur burung juga biasa dialami rekan-rekan kicaumania yang harus berangkat kerja sejak pagi buta , dan tidak ada kerabat yang dapat dimintai bantuannya untuk merawat burung.

kesulitan menjemur burung
Burung yang kurang dijemur mudah mengalami penurunan performa.

Sinar matahari pagi mengandung infra merah yang bermanfaat untuk pembentukan hormon testosteron dan dapat meningkatkan birahi burung jantan, serta bermanfaat pula untuk pembentukan hormon progesteron dan estrogen bagi burung betina. Artinya, sinar matahari pagi secara langsung bisa merangsang burung untuk makin rajin berkicau.

Selain itu, sinar matahari pagi juga mengandung ultraviolet yang dapat mengekstrak pro-vitamin D yang ada di dalam tubuh burung menjadi vitamin D3, yang bermanfaat untuk kekuatan tulang, bulu, dan organ vital lainnya. Dengan kata lain, sinar matahari sangat dibutuhkan oleh burung dan semua mahluk hidup lainnya.

Simak pula: Manfaat penjemuran burung di pagi hari

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Namun, tatkala cuaca kurang mendukung, seperti mendung atau bahkan hujan, para kicaumania tentu akan kesulitan menjemur burung piaraannya. Sinar matahari pagi terkadang menjadi barang langka di daerah-daerah tertentu akibat tertutup awan. Kondisi ini bisa terjadi selama beberapa hari, sehingga penampilan burung kicauan pun kian menurun.

Silakan bacaL Tips mencegah kenari sakit akibat perubahan suhu / cuaca

Untuk mengatasi kesulitan menjemur burung kicauan, berikut ini beberapa solusi alternatif yang dapat diterapkan:

1. Meningkatkan porsi pakan tambahan / EF

Jika sinar matahari sering / selalu tertutup awan gelap (mendung), sehingga kita kesulitan menjemur burung, solusi yang bisa dilakukan adalah meningkatkan porsi pakan tambahan / extra fooding (EF).

Peningkatan porsi pakan tambahan, serta bervarisi, akan membantu menjaga kondisi burung kicauan, sekaligus juga dapat meningkatkan stamina dan membuatnya tetap rajin berkicau.

2. Ambil kesempatan menjemur, meski hanya sesaat

Jika cuaca di waktu fajar cerah, dan langit tidak mendung, Anda bisa mengambil kesempatan untuk mengembunkan burung kicauan. Namun berbeda dari pengembunan biasanya, kali ini burung diembunkan di tempat terbuka atau di tempat yang akan langsung terkena sinar matahari pada saat terbit.

Jika pada pagi sampai siang hari kondisi cuaca tetap tidak bersahabat, penjemuran bisa dilakukan sore hari ketika ada sinar matahari yang menyinar bumi. Adapun jika cuaca tidak mendukung selama sehari penuh, alternatifnya burung bisa ditempatkan dalam ruangan yang dilengkapi lampu berteknologi UV (ultra violet).

3. Menggunakan lampu full spektrum / ultra violet

Penggunaan lampu full spektrum / ultra violet (UV) memiliki manfaat hampir mirip dengan yang didapatkan ketika burung dijemur di bawah sinar matahari pagi. Hanya saja, penggunaannya jangan dilakukan secara terus-menerus dan berlebihan.

Setiap hari, burung bisa disimpan di dalam ruangan / kandang yang dilengkapi lampu tersebut selama tidak lebih dari 5 jam. Selain untuk menjaga agar lampu lebih awet dan tahan lama, penggunaan di bawah 5 jam sehari menjadikan burung tetap terjaga kondisinya, sehingga tidak mudah berperilaku agresif.

4. Berikan multivitamin

Karena burung kurang jemur, maka kondisinya cenderung menurun. Agar staminanya tetap terjaga, maka burung-burung sangat membutuhkan asupan multivitamin dari luar pakan. Sebab dalam berbagai penelitian terbukti bahwa sebagian besar burung piaraan mengalami kekurangan vitamin dan mineral.

Pemberian multivitamin seperti BirdVit secara rutin setiap hari dapat membantu mengatasi masalah burung kurang jemur. BirdVit mengandung sejumlah ivitamin penting yang sangat dibutuhkan burung agar tetap dalam kondisi fit, sehingga tetap rajin berbunyi.

Itulah beberapa solusi alternatif jika para kicaumania mengalami kesulitan menjemur burung, terutama akibat cuaca tidak mendukung.

Apabila kesulitan menjemur burung disebabkan kesibukan Anda, terutama harus berangkat kerja pagi-pagi sekali, silakan klik tautan di bawah ini:

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.