Ciri-ciri lovebird tipe basah dan kering, serta perbedaan cara merawatnya

Di kalangan lovebird mania ada istilah burung tipe basah dan tipe kering. Menariknya, kedua hal yang saling bertolak belakang itu kerap dijadikan acuan dalam perawatan harian / lomba. Berikut ini ciri-ciri lovebird tipe basah dan kering, serta cara merawatnya.

Ciri-ciri lovebird tipe basah dan kering

Pada dasarnya, setiap individu burung memiliki sifat dan karakter yang berbeda dengan individu lainnya. Begitu pula yang terjadi pada lovebird. Sebagian lovebird mania kemudian mengerucutkannya dalam dua kelompok besar sesuai dengan kebiasaan dalam perawatannya, yakni:

  • lovebird tipe basah
  • lovebird tipe kering

Untuk mengetahui apakah seekor lovebird termasuk tipe basah atau kering, biasanya kita melakukan pengamatan terlebih dulu. Setelah ditemukan karakter yang cocok, maka perawatan harian dan lombanya bisa disesuaikan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Mengenali ciri-ciri lovebird tipe basah dan kering

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri lovebird tipe basah atau kering? Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan para lovebird mania:

  • Cari tahu apakah lovebird lebih senang berada di tempat sejuk atau panas. Cara yang umum dilakukan adalah menjemurnya dalam waktu sedikit lebih lama daripada biasanya. Lovebird tipe basah biasanya tidak akan kuat dan cenderung gelisah, sedangkan lovebird tipe kering justru terlihat tenang dan tahan dijemur lama-lama.
  • Masukkan bak / cepuk mandi ke dalam sangkarnya. Lovebird tipe basah biasanya segera masuk ke bak untuk mandi atau sekedar bermain-main air. Sebaliknya, lovebird tipe kering cenderung mengabaikannya. Dia harus menunggu cukup lama sebelum mau mandi ke dalam bak.
  • Semprotkan air ke tubuh lovebird dan cek perilakunya. Lovebird tipe basah biasanya lebih anteng, sedangkan lovebird tipe kering akan lebih banyak bergerak dan tak mau diam.

Perawatan lovebird berdasarkan kedua tipe tersebut

Perawatan harian dan lomba untuk burung lovebird biasanya sangat ditentukan oleh kedua tipe tersebut. Perbedaan lebih kentara pada perlakuan mandi dan penjemurannya. Adapun untuk masalah pakan nyaris tak berbeda.

1. Perawatan harian

Lovebird tipe basah biasanya baru dimandikan setelah dijemur terlebih dulu sekitar 10 menitan. Setelah dimandikan hingga basah kuyup, burung kemudian diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu-bulunya.

lovebird tipe kering langsung dimandikan, setelah itu baru dijemur sekitar 30 menit. Usai dijemur, burung kemudian diangin-anginkan di tempat teduh.

2. Perawatan lomba

Lovebird tipe kering cenderung merasa nyaman ketka berada di tempat panas. Namun hal itu membuatnya gampang naik birahi, sehingga kicaumania akan menyemprot tubuhnya secara berkala.

Lovebird tipe basah lebih suka berada di tempat sejuk dan berangin. Sebelum digantang, burung perlu dijemur dulu untuk menaikkan birahinya. Saat mau digantang, semprot tenggerannya agar burung merasa nyaman.

Itulah ciri-ciri lovebird tipe basah dan kering, serta perbedaan cara merawatnya. Meski demikian, memahami karakter dan sifat lovebird sangat ditentukan oleh kejelian orang-orang yang merawatnya. Setelan harian dan lomba ini dapat saja berbeda, dan tergantung dari kebiasaan sehari-hari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.