Mengolah daun krokot menjadi tepung untuk pakan burung kicauan

Krokot termasuk jenis tanaman liar yang banyak dicari kicaumania. Selain untuk mendongkrak stamina, daun krokot dipercaya bisa membuat suara burung bertambah kencang. Tanaman ini biasanya diberikan dalam bentuk utuh pada kenari dan lovebird. Untuk jenis kicauan lainya, cara pemberiannya harus disesuaikan. Berikut cara mengolah daun krokot menjadi tepung untuk pakan burung kicauan.

Tanaman krokot / purslene kerap dijuluki sebagai super food, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, serta sering dijadikan sebagai bahan resep masakan atau diolah menjadi tepung sebagai bahan pembuatan kue.

Baca juga: Krokot, tanaman liar yang makin dicari kenarimania

Di kalangan peternak, krokot juga sering dimanfaatkan sebagai pakan tambahan yang dicampurkan ke dalam voer. Sebelum dicampurkan, daun krokot harus diolah menjadi tepung agar lebih mudah dalam pencampurannya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Kandungan nutrisi dalam tepung krokot sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, meningkatkan stamina, dan membantu meningkatkan produktivitas unggas. Berikut ini kandungan nutrisi dalam tepung krokot, hasil analisis Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ternak Politeknik Pertanian Neger Kupang (2017).

daun krokot

Cara mengolah daun krokot menjadi tepung

  • Siapkan tanaman krokot, lalu cuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  • Setelah itu, petik setiap daunnya dan letakkan di atas nampan / terampah yang sudah dilapisi kertas koran.

daun krokot

  • Simpan dalam suhu ruangan untuk menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel. Penggunaan kertas koran dimaksudkan untuk mempercepat proses dehidrasi, sehingga daun-daun krokot lebih cepat kering.
  • Setelah itu, jemur daun krokot di bawah sinar matahari. Penjemuran bisa berlangsung selama beberapa jam, sampai daun-daun krokot sudah dirasa cukup kering untuk dihancurkan.

daun krokot

  • Masukkan daun yang sudah kering ke dalam mesin food processor / blender, lalu giling sampai menjadi tepung dan siap untuk digunakan.

Kalau mau diberikan kepada burung, campurkan 1/2 sendok teh kecil tepung krokot dalam satu cepuk pakan yang berisi voer. Aduk dengan jari atau lidi sampai semua bahan bercampur merata. Setelah itu, pakan sudah siap diberikan kepada burung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.