Mengolah daun krokot menjadi tepung untuk pakan burung kicauan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Krokot termasuk jenis tanaman liar yang banyak dicari kicaumania. Selain untuk mendongkrak stamina, daun krokot dipercaya bisa membuat suara burung bertambah kencang. Tanaman ini biasanya diberikan dalam bentuk utuh pada kenari dan lovebird. Untuk jenis kicauan lainya, cara pemberiannya harus disesuaikan. Berikut cara mengolah daun krokot menjadi tepung untuk pakan burung kicauan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tanaman krokot / purslene kerap dijuluki sebagai super food, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, serta sering dijadikan sebagai bahan resep masakan atau diolah menjadi tepung sebagai bahan pembuatan kue.

Baca juga: Krokot, tanaman liar yang makin dicari kenarimania

Di kalangan peternak, krokot juga sering dimanfaatkan sebagai pakan tambahan yang dicampurkan ke dalam voer. Sebelum dicampurkan, daun krokot harus diolah menjadi tepung agar lebih mudah dalam pencampurannya.

Kandungan nutrisi dalam tepung krokot sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, meningkatkan stamina, dan membantu meningkatkan produktivitas unggas. Berikut ini kandungan nutrisi dalam tepung krokot, hasil analisis Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ternak Politeknik Pertanian Neger Kupang (2017).

daun krokot

Cara mengolah daun krokot menjadi tepung

  • Siapkan tanaman krokot, lalu cuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  • Setelah itu, petik setiap daunnya dan letakkan di atas nampan / terampah yang sudah dilapisi kertas koran.

daun krokot

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Simpan dalam suhu ruangan untuk menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel. Penggunaan kertas koran dimaksudkan untuk mempercepat proses dehidrasi, sehingga daun-daun krokot lebih cepat kering.
  • Setelah itu, jemur daun krokot di bawah sinar matahari. Penjemuran bisa berlangsung selama beberapa jam, sampai daun-daun krokot sudah dirasa cukup kering untuk dihancurkan.

daun krokot

  • Masukkan daun yang sudah kering ke dalam mesin food processor / blender, lalu giling sampai menjadi tepung dan siap untuk digunakan.

Kalau mau diberikan kepada burung, campurkan 1/2 sendok teh kecil tepung krokot dalam satu cepuk pakan yang berisi voer. Aduk dengan jari atau lidi sampai semua bahan bercampur merata. Setelah itu, pakan sudah siap diberikan kepada burung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.