Bermodal 8 pasang induk murai batu, omzet Sultan BF Bandarlampung mencapai 25 juta per bulan

Breeding murai batu Sultan BF Bandarlampung –Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sudah menjadi cita-cita Om Reza sejak dulu. Hal ini tidak terlepas dari para pendahulunya yang juga bekerja sebagai PNS.

Sultan BF
Salah satu induk murai batu koleksi Sultan BF.

Tetapi Om Reza mewarisi pula “darah pedagang” dari ibunya. Jiwa kewirausahaan melekat kuat pada dirinya. Hobinya bermain burung kicauan, khususnya murai batu, menjadi ajang wirausahanya untuk menambah penghasilan.

Tak hanya beternak murai batu, Om Reza juga punya usaha lain, yakni jual-beli tanaman bonsai. Kedua bisnis tersebut dibingkainya dengan nama Sultan Bird Farm and Bonsai.

Sultan Bird Farm and Bonsai
Om Reza juga usaha jual-beli tanaman bonzai.

Kali ini, omkicau.com akan mengulas khusus breeding murai batunya. Sebagaimana penangkar murai batu pada umumnya, Om Reza semula aktif main di berbagai lomba burung kicauan. Akhir 2016, dia mencoba membuka penangkaran murai batu.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM
Om Reza Sultan BF
Om Reza bersama putranya.

Dengan demikian, usaha penangkaran murai batu Sultan BF sebenarnya baru berjalan setahun lebih sedikit. Jumlah induk yang dimilikinya pun belum begitu banyak, yakni delapan pasangan induk.

Setiap pasang induk menempati petak kandang berukuran 3 m x 1,2 m dengan tinggi 3 meter. Petak-petak kandang ini dibangun sedemikian rupa, sehingga sinar matahari pagi bisa masuk ke dalamnya, dan sirkulasi udara berjalan lancar.

ternak murai batu
Kandang ternak murai batu dilengkapi tanaman penyejuk.
Sultan BF
Sinar matahari menembus di bagian atas kandang.

Sebagian besar induk jantan merupakan burung berprestasi, atau setidaknya berasal dari trah juara. “Induk jantan harus berumur dewasa, minimal sudah tiga kali mabung. Kalau induk betina berumur setahun lebih.

Induk murai batu
Sebagian besar induk jantan merupakan burung trah prestasi.

Pakan indukan berasal dari bahan-bahan alami seperti kroto, cacing, dan ikan citul. Ketika telur-telur menetas, maka anakan murai batu akan dirawat induknya sampai berumur 25 hari.

Sultan BF

Sultan BF
Suasana kandang ternak murai batu Sultan BF dari luar.

Cara seperti ini sangat menghemat tenaga, karena Om Reza tidak perlu bersusah-payah melolohnya. Terkadang, begitu disapih dari induknya, trotolan murai batu sudah dibeli pelanggan. Ada juga yang dijual setelah berumur 1 bulan lebih.

cara ternak burung murai batu
Trotolan murai batu belajar makan dan minum di tempat yang disediakan,

Harga trotolan murai batu produk Sultan BF bervariasi, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta per ekor, tergantung kualitas dan silsilah induknya.

cara ternak burung murai batu
Salah seorang konsumen baru saja membeli trotolan murai batu Sultan BF.

Trotolan murai batu produksi Sultan BF tak hanya diminati para kicaumania di wilayah Lampung saja. Pasalnya, sudah beberapa kali Om Reza mengirim pesanan hingga Sumatera Selatan, bahkan sampai ke Bandung.

Trotolan murai batu

Trotolan murai batu

Trotolan murai batu
Trotolan murai batu hasil penangkaran Sultan BF Bandarlampung.

Meski belum lama berdiri, omzet Sultan BF cukup “wah” juga. Rata-rata mencapai Rp 15 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Angka ini jelas jauh lebih besar daripada penghasilannya sebagai PNS.

Tetapi, kata Om Reza, tidak mudah untuk menghasilkan rupiah dari beternak murai batu. Diperlukan ketekunan, keuletan, dan kesabaran tersendiri.

ring Sultan BF
Ring Sultan BF Bandarlampung

Berbagai kendala pernah dihadapinya, mulai dari kegagalan dalam proses penjodohan, anakan yang mati dihajar induknya sendiri, hingga kandang dibobol maling. Tetapi semua itu dianggapnya sebagai konsekuensi usaha. (neolithikum)

Sultan BF
Trotolan mati sudah biasa bagi penangkar burung.
Sultan BF
Doa untuk Sultan BF di depan Ka’bah.

Sultan BF

Breeding murai batu Sultan BF

Alamat: Kompleks PLN, JalanKebersihan Gg Lisna No 85

Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat, Bandarlampung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.