Ginseng jawa untuk meningkatkan daya tahan dan stamina burung kicauan

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Ginseng jawa (Talinum paniculatum), atau disebut juga som / kolesom jawa, merupakan tanaman perdu yang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal. Manfaatnya tidak hanya dirasakan manusia, namun juga bagi burung kicauan, karena bisa meningkatkan daya tahan dan staminanya sehingga lebih rajin berbunyi.

ginseng jawa
Manfaat ginseng jawa untuk burung kicauan.

Penggunaan daun ginseng jawa sudah lama dilakukan para kenari mania di berbagai daerah. Mereka meyakini, daun ini bisa membantu mendongkrak stamina burung sehingga rajin bunyi dengan kondisi selalu fit. Bahkan tidak sedikit para pemain kenari yang menyertakan daun tersebut dalam perawatan harian burung piaraannya.

Sejauh ini memang belum ada penelitian ilmiah mengenai manfaat daun ginseng jawa bagi burung kicauan. Namun, khasiatnya sudah diakui secara turun-temurun oleh sebagian kicaumania. Selain membantu memulihkan kondisi fisik secara cepat, tanaman ini juga berkhasiat membuat tubuh burung tetap segar sepanjang hari.

Bagian akar dan batang tanaman ini memiliki kandungan zat aktif, di antaranya saponin, flavonoid, dan tanin. Bagian daun yang dikonsumsi burung kicauan memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi, serta sejumlah mineral penting yang dibutuhkan burung.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Tanaman ginseng jawa
Tanaman ginseng jawa / kolesom jawa.

Secara umum, daun ginseng ini memiliki beberapa manfaat untuk burung kicauan antara lain:

  • Membantu mendongkrak stamina.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap fit sepanjang hari.
  • Membuat birahi burung lebih stabil, karena daun ini juga dapat mengatasi over birahi.
  • Memberikan tambahan energi sehingga burung makin aktif dan sehat.
  • Membantu pemulihan burung stres, karena mengandung senyawa yang bersifat menenangkan.

Cara memberikan daun ginseng jawa

Untuk jenis burung pemakan sayuran seperti kenari, parkit, dan lovebird, daun ginseng dapat diberikan dalam bentuk utuh. Anda bisa menggantung daun tersebut dalam sangkarnya. Sebelum diberikan kepada burung, sebaiknya daun dibersihkan dengan air bersih.

Untuk jenis burung kicauan lainnya, daun bisa diberikan sebagai pakan untuk jangkrik atau ulat hongkong. Beberapa menit sebelum diberikan kepada burung, jangkrik atau ulat hongkong diberi pakan daun ini. Metode yang disebut gut load ini lazim diterapkan pada burung pemakan serangga.

Cara alternatif lainnya adalah mengolah daun ginseng menjadi tepung, kemudian dicampurkan ke dalam pakan voer. Cara pengolahan daun ginseng menjadi tepung bisa meniru cara-cara seperti dalam artikel Mengolah daun krokot menjadi tepung untuk pakan burung kicauan. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.