Cara merawat lovebird balibu agar moncer di lapangan ala Om Ade Goodel

Om Ade Goodel merupakan perawat lovebird andal TJM Casol Bird Farm Depok. Dengan kesabaran, dia merawat lovebird balibu hasil breeding TJM, terutama sejak burung berumur 1,5 bulan. Berikut ini cara merawat lovebird balibu agar moncer di lapangan ala Om Ade Goodel.

Cara merawat lovebird balibu
Cara merawat lovebird balibu agar moncer di lapangan.

Kuncinya, menurut Om Ade, adalah disiplin memandikan lovebird serta pemberian extra fooding (EF) seperti jagung. Hal itu dilakukannya sejak lovebird berumur 1,5 bulan, dan mulai ditempatkan sendiri dalam kandang kapsul, alias sudah dicabut dari kandang ombyokan.

Jika lovebird belia itu sudah ada pasangannya, maka bisa diikutsertakan pula dalam kandang kapsul. Saat ini memang banyak pemain lovebird baby / balibu yang menggunakan model pasangan.

“Ketika mau berlomba pun, pasangannya ikut dibawa. Tetapi ketika naik gantangan dan terpisah dari pasangannya, lovebird akan menjadi gacor karena mencari pasangannya,” jelas Om Ade.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Pada umur belia, lovebird tidak perlu penjemuran, hanya sebatas dianginkan saja. Justru mandi yang perlu dilatih sejak dini, sehingga lovebird menjadi terbiasa.

Om Ade Goodel
Om Ade Goodel

Om Ade biasa melakukannya ketika lovebird berumur 1,5 bulan. Cara mandinya disemprot setengah lepek (basah-kuyup). Nanti kalau sudah terbiasa, burung bisa dimandikan sampai benar-benar lepek.

Bahkan, lovebird balibu itu sudah dibiasakan mandi malam, sekitar pukul 18.30. Mandi malam perlu dibiasakan, agar birahi lovebird saat dewasa menjadi relatif stabil dan mudah dikendalikan. “Berdasarkan pengalaman selama ini, mandi malam bisa mengurangi birahi lovebird ketika dewasa,” katanya.

Usai mandi, burung cukup dianginkan, sangkarnya tidak perlu dikerodong. Dengan demikian, anakan lovebird bisa belajar bunyi ngekek sesukanya.

Untuk pemasteran, Om Ade Goodel biasanya menggunakan audio mp3 berisi suara lovebird ngekek panjang, tengkek, dan walang krek. Pemasteran dilakukan nonstop selama 24 jam.

perawatan lovebird balibu
Om Ade Goodel sedang merawat lovebird balibu koleksi TJM Casol Bird Farm.

Lovebird balibu biasanya suka makan banyak, terutama jagung. Karena itu, EF ini perlu diberikan tiap hari. Selain kaya protein, jagung juga merupakan sumber energi, vitamin, mineral, dan aneka nutrisi lainnya. Dengan perawatan seperti inilah, lovebird balibu bisa tampil stabil di lapangan. (d’one)

Artikel lain mengenai perawatan lovebird balibu:

 

 

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.