Tips perawatan lovebird yang susah bunyi saat dilombakan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tips perawatan lovebird yang susah bunyi saat dilombakan –Melejitnya pamor lovebird sebagai burung lomba membuat banyak pemula yang ingin terjun di kelas tersebut. Tapi banyak pula pemula yang kecewa, karena lovebird yang dirawatnya dengan susah-payah ini tidak mau bunyi saat dilombakan. Bagaimana cara mengatasinya? Ikuti tips berikut ini.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

tips perawatan lovebird
Tips perawatan lovebird yang susah bunyi saat dilombakan.

Melombakan lovebird tanpa disertai perawatan secara tepat akan membuat burung tampil kurang maksimal. Bahkan tak jarang, lovebird akan berperilaku nakal seperti naik turun tangkringan, ngelantai, ngeruji, hingga susah bunyi atau malah tak mau bunyi sama sekali.

Meski karakter dari setiap individu burung berbeda-beda, pada umumnya penanganan yang diterapkan tidak terlalu jauh berbeda. Kunci utamanya adalah menjaga birahi lovebird agar tetap stabil, dimulai minimal satu hari sebelum dilombakan (H-1).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Hal tersebut dapat dilakukan melalui serangkaian cara sebagai berikut:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Tidak menjemur lovebird pada H-1.
  • Melakukan pengembunan.
  • Mandi semprot halus, lalu dianginkan tanpa dijemur.
  • Jauhkan burung dari keberadaan lovebird lain.
  • Sangkar tidak perlu dikerodong sampai sore hari.

Menyiapkan lovebird untuk lomba:

  • Keluarkan burung untuk diembunkan.
  • Setelah itu, berikan semprotan lembut ke tubuhnya, kemudian dikerodong.
  • Gantang sangkarnya di tempat sejuk sebelum berangkat ke arena lomba.
  • Jangan lupa untuk membersihkan sangkar dan memeriksa ketersediaan pakan dan air minumnya.

Adaptasi di lapangan

  • Setiba di arena lomba, tunggulah sampai burung mau mengeluarkan suaranya.
  • Setelah itu gantang sangkarnya tanpa dikerodong agar lovebird bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
  • Tunggulah sampai lovebird mau berbunyi. Setelah itu segera kerodong sangkarnya untuk menjaganya agar tak terlalu aktif yang bisa mengurangi staminanya.
  • Jika burung tidak mau ngekek dan cenderung ngetik-ngetik saja / mompa, lakukan penyemprotan lembut pada bagian dadanya, setelah itu burung dikerodong.
  • Beberapa menit sebelum digantang, buka kerodong dan keluarkan cepuk pakan dan air minumnya. Bersihkan sangkarnya dari kotoran dan sisa-sisa pakan yang berserakan pada dasar sangkar.

Bagi pemula, hal terpenting saat akan melombakan lovebird adalah berusaha agar burung tidak aktif bunyi sebelum naik gantangan. Sebab hal ini dapat menguras staminanya. Demikian tips perawatan lovebird yang susah / tidak mau bunyi saat dilombakan. Selamat mencoba!

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. Salam santun omkicau dalam kasus ini saya sangat terkesan dengan artikel mas,dikarenakan walaupun Lovebird sudah disetting sedemikian rupa tapi kalau penanganan awal dislokasi lomba tidak tepat dapat menyebabkan Lovebird tidak mau ngekek digantungkan.bahkan di lokasi lombapun tidak mau juga.
    Om kicau memang bisa dijadikan bacaan berkualitas.
    Terima kasih bisa saya jadikan referensi blog IdKiCau saya.

  2. Mas kalau lovebird di rumah sering bunyi, lah pas dibawa lomba kok diem/jarang bunyi yaa. apa dia belum bisa adaptasi atau malah minder/stress??

    • Lovebird yang jarang berada di tempat keramaian tentu akan kaget dan stress, solusinya sering latih lovebird ditempat keramaian jika sudah terbiasa akan langsung rajin bunyi.

Komentar ditutup.