Perawatan burung decu bakalan, plus suara kicauannya untuk memancing bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Perawatan burung decu belang agar tetap aktif sepanjang hari bisa dilakukan dengan memenuhi semua kebutuhan hariannya. Selain itu, agar burung nantinya rajin bunyi, gantangkan sangkarnya di dekat burung lain, atau rutin memutarkan audio burung sejenis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Perawatan burung decu bakalan
Burung decu belang yang memiliki penampilan mirip kacer.

Decu belang / pied bushchat (Saxicola caprata) memiliki penampilan mirip kacer dada hitam, namun ukuran tubuh jauh lebih kecil. Karena kemiripan itulah, decu belang kerap disebut sebagai kacer mini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Meski bertubuh kecil, decu belang mempunyai suara kicauan sangat nyaring dan bisa bervariasi. Itu sebabnya, banyak kicaumania yang tertarik untuk memeliharanya.

Di pasaran dan forum jual beli burung sering ditawarkan decu belang dalam kondisi bakalan / muda hutan. Bagi yang belum berpengalaman, memelihara burung decu bakalan tentu sangat berisiko, khususnya bagi kelangsungan hidup burung itu sendiri.

Bahkan akibat kurang pengalaman dan pengetahuan tentang perawatan burung decu bakalan, beberapa kicaumania harus menelan kekecewaan karena momongan barunya sakit atau mati.

Karena itu, untuk mencegah kasus tersebut, berikut ini tips perawatan burung decu bakalan, dilengkapi dengan suara kicauannya untuk memaning burung agar rajin bunyi.

Perawatan burung decu belang agar selalu aktif

Burung bakalan yang baru didapat umumnya masih dalam kondisi stres / depresi, sehingga diperlukan penanganan tepat untuk mempercepat pemulihannya. Caranya?

  • Gantang sangkarnya di tempat tenang selama beberapa hari, agar burung beradaptasi dengan sangkar dan lingkungan barunya. Tidak dianjurkan langsung menggantang sangkarnya di tempat ramai hanya karena ingin cepat jinak, karena burung masih dalam kondisi stres.
  • Burung bakalan jangan dimandikan dilu sebelum kondisinya benar-benar pulih. Memandikan burung bakalan, apalagi sampai basah kuyup, akan memperparah keadaan.
  • Selama beberapa hari, burung bakalan diberi asupan pakan full extra fooding. Ketika kondisinya membaik, baru dilatih agar mau makan voer. Cara melatih burung makan voer bisa disimak lagi dalam artikel berikut: Metode 1 minggu agar burung mau makan voer
  • Tambahkan multivitamin seperti BirdVit ke dalam pakan dan air minumnya, karena sangat bermanfaat menjaga kondisi dan kesehatannya sepanjang hari.
  • Setelah beberapa hari / minggu kemudian, kondisi burung kembali pulih. Hal ini terlihat dari perilakunya yang mulai lincah, aktif, dan gemar makan. Saat itulah, Anda bisa memberikan pola rawatan lain seperti mandi, jemur, dan melatihnya agar jinak.

Suara kicauan burung decu belang untuk memancing bunyi

Setelah burung mulai tampak lebih aktif, lincah, dan mau mengeluarkan suaranya (meski masih malu-malu), program pemasteran bisa dilakukan dengan cara menggantang sangkarnya dekat dengan sangkar burung lain yang gacor.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Alternatif lainnya, Anda bisa memanfaatkan beberapa suara kicauan decu belang berikut ini untuk memancingnya agar lebih rajin bunyi:

  • Suara kicauan decu belang – variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan decu belang – variasi 2 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan decu belang betina – variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan decu belang betina – variasi 2 | DOWNLOAD

Demikian tips perawatan burung decu belang bakalan, plus suara kicauannya untuk memancing bunyi. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.