Yen YK BF Bantul sukses beternak aneka burung (kenari, finch, lovebird, murai batu)

Biasanya seorang breeder fokus pada satu-dua jenis burung saja. Namun tidak demikian dengan Om Yeyen, pemilik Yen YK BF Bantul. Karena menyukai berbagai jenis burung, dia pun menangkar aneka burung finch, kenari, lovebird, hingga murai batu. Hebatnya, semua jenis burung yang dibreedingnya itu berkembangbiak dengan lancar.

Mau tahu jenis burung apa saja yang sukses diternak Yen YK Bird Farm? Silakan simak daftar berikut ini:

1. Burung finch

  • blackthroat (2 jantan – 8 betina)
  • black-hooded siskin (1 jantan – 6 betina)
  • red siskin (1 jantan – 4 betina)
  • goldfinch (3 pasangan induk)
  • mexican roodmus (1 jantan – 3 betina)
Yen YK BF Bantul
Induk blacktroat bersama anaknya di penangkaran Yen YK BF Bantul.
cara ternak burung
Indukan red siskin.

2. Burung kenari

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Kenari larquet (2 pejantan)
  • Kenari scoth fancy (2 pejantan)
  • Kenari gloster corona (2 pejantan)
  • Kenari japan hoso (2 pejantan)
  • Kenari lizard (2 pejantan)
  • Sekitar 30-an ekor kenari betina jenis impor dan lokal
ternak burung kenari
Salah satu induk kenari koleksi Yen YK BF.

3. Lovebird: 15 pasangan induk

Yen YK BF
Anakan lovebird hasil breeding Yen YK BF.

4. Murai batu (1 jantan – 5 betina)

cara ternak burung murai batu
Pasangan induk murai batu koleksi Yen YK BF.

Dengan memiliki beberapa jenis finch dan kenari, Om Yeyen dapat melakukan ekspresimen crossing (persilangan) antarspesies.

ternak burung goldfinch
Induk goldfinch yang disilangkan dengan kenari.

Keahlian Om Yeyen dalam beternak aneka jenis burung itu bermula dari hobi ayahnya yang juga hobi main burung. “Sejak kecil, saya sudah terbiasa hidup bersanding dengan berbagai jenis burung. Jadi, bakat saya menurun secara alami dari Bapak,” jelas Om Yeyen kepada omkicau.com.

Om Yeyen
Om Yeyen sukses membudidayakan aneka jenis burung.

Semasa kecil, dia biasa membantu merawat burung-burung hasil ternak ayahnya, termasuk memberi pakan anakan. Tanpa disadari, lama-lama dia menguasai ilmu merawat burung.

Meski sudah punya bekal mumpuni, Om Yeyen tetap menggunakan cara sederhana dalam beternak burung. Biar nggak repot, misalnya, dia menggunakan perkawinan model poligami.

“Jadi, nggak perlu repot melakukan proses penjodohan. Induk jantan dipilih yang gacor (rajin bunyi), dengan volume keras. Untuk induk betina, selain berbadan bagus dan bodi bongsor, juga mesti dicek kesiapannya. Misalnya, harus cukup umur,” jelasnya.

Yen YK BF-trotolan murai batu

Yen YK BF
Trotolan murai batu hasil ternak Yen YK BF.

Untuk penangkaran burung kenari serta finch, Yen YK BF menggunakan kandang battery kotak yang biasa digunakan untuk beternak lovebird. Hanya murai batu yang membutuhkan kandang berukuran luas dan tinggi.

Metode beternak Yen YK BF cukup sederhana, dan hal ini diterapkan untuk semua jenis burung, termasuk murai batu. Awalnya, calon induk betina ditempatkan sendirian dalam kandang breeding. Kandang sudah dilengkapi dengan dua sarang yang terbuat dari tempurung kelapa atau rotan.

breeding kenari
Beberapa sampel anakan kenari hasil breeding Yen YK BF.

Bahan sarang berupa serat nanas atau bahan-bahan lain yang banyak dijual di pasaran. “Pemberian sarang ganda dimaksudkan agar induk betina bisa memilih sendiri tempat yang paling nyaman,” ungkap Om Yeyen.

Kalau betina sudah terpantau menyusun sarangnya dengan rapi, barulah burung jantan dimasukkan, sampai terlihat kawin sebanyak 1-2 kali. Setelah itu, keduanya kembali dipisah.

Ulangi hal ini pada waktu pagi dan sore, sampai betina tidak mau lagi dikawini. Sebab ini merupakan tengara bahwa burung betina sudah mau bertelor.

anakan blackthroat

anakan blackthroat
Beberapa sampel anakan blackthroat.

Perawatan burung yang dilakukan Yen YK BF yang utama jemur burung cukup 1 s /d 1,5 jam, kandang selalu bersih, Pakan sama EF tiap jenis burung wajib selalu terpenuhi misal jagung, sawi hijau dan telur puyuh.

egg candling
Peneropongan telur (egg candling) untuk mengecek fertilitasnya.

Agar produktivitas induk bisa maksimal, Yen YK BF menggunakan sistem fostering alias induk babuan / baby sitter dalam pembesaran anakan hasil breeding. Sebagian lagi mengandalkan panen dini pada umur tertentu, kemudian dirawatnya dengan sistem lolohan (handfeeding).

penangkaran burung
Tempat pembesaran anakan burung dari batok kelapa.

Sejauh ini, pemasaran burung hasil breeding Yen YK BF cukup lancar dan tersebar ke berbagai kota di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Bahkan beberapa pembeli terpaksa harus indent.

Omzet Yen YK BF per bulan bervariasi mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 40 juta. “Namanya juga hobi. Dapat berapapun pasti senang dan harus disyukuri,” tandas Om Yeyen.

Om Yeyen
Pesan Om Yeyen: Ikuti kemauan burung…

Pada akhir percakapan, Om Yeyen menitipkan pesan kepada para pembaca omkicau.com yang ingin beternak burung, apapun jenisnya:

  • Ikuti naluri, dan gunakan akal kita. Ini merupakan pesan dari almarhum ayah Om Yeyen.
  • Ikuti kemauan burung, bukan burung yang harus mengikuti kemauan kita. (neolithukum)

Ring Yen YK BF

Yen YK Bird Farm

Kontak: WA 0858-7871-9997 / FB: yeyen.tok.1

Alamat: Tegal Krapyak Panggung Harjo, Jalan Pugeran Timur No 595, Sewon, Bantul

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.