Tips memilih merpati tinggian yang bagus dan prospek

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Penggemar merpati tinggian tentu ingin agar burungnya bisa tampil all out saat dilombakan. Selain perawatan yang tepat, pemilihan burung yang pun harus menjadi perhatian. Sebagai panduan, berikut ini tips memilih merpati tinggian yang bagus dan prospek berdasarkan ciri-ciri khusus.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

tips memilih merpati tinggian
Tips memilih merpati tinggian yang bagus dan punya prospek.

Sama seperti burung kicauan, lomba merpati tinggian pun makin marak di berbagai daerah. Hal ini membuat para penggemarnya rajin mencari burung bahan yang bagus untuk dilombakan.

Memilih merpati tinggian yang bagus dan prospek tidak melulu berdasarkan trah indukan berprestasi saja. Kita dapat pula memilihnya berdasarkan ciri-ciri khusus atau katuranggan dari merpati tersebut.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Salah satu cara yang umum dilakukan penggemar saat mencari merpati tinggian yang diperkirakan memiliki prospek cerah adalah melalui pengamatan. Nah, yang diamati adalah bagian-bagian tubuh tertentu sebagaimana panduan di bawah ini:

1. Mengamati bagian kepala

  • Cari merpati yang memiliki kepala besar. Tulang kepala depan lebih tinggi daripada belakang.
  • Pilih juga bentuk kepala yang derajat kemiringannya sekitar 45 – 60o dari pangkal hidung. Bentuk kepala seperti itu diyakini membuat burung mampu turun dari arah manapun.
  • Pilihlah merpati yang memiliki bentuk paruh runcing di bagian ujung, dengan ukuran normal (tidak panjang dan tidak besar), serta proporsional dengan bentuk kepalanya.
  • Tatapan matanya tajam, dengan pupil mata berwarna hitam pekat dan responsif terhadap cahaya.
  • Pangkal hidung / cere besar, panjang, menggembung, dan berwarna kapur pekat.

2. Mengamati bagian leher

  • Pilih burung merpati dengan leher kuat, tegap, dan selalu mendongak ke atas ketika burung mengamati sesuatu atau bergerak, dan fleksibel.

3. Mengamati bentuk sayap

Pemilihan sayap merpati tinggian harus dilakukan dengan cermat, karena bagian ini digunakan untuk penerbangan:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Cari merpati dengan bahu sayap yang kuat dan lentur.
  • Bulu-bulu pada kedua sayapnya tebal, rapat, tetapi tidak bergelombang. Ujung sayapnya meruncing.

4. Mengamati bagian dada

Merpati yang bagus memiliki bentuk dada seperti huruf “V” jika dilihat dari arah depan. Merpati dengan ciri seperti ini diyakini mampu turun kencang dari arah manapun.

5. Mengamati bentuk ekor

Ekor merpati memiliki fungsi seperti handle gas pada sepeda motor. Dengan ekornya itu, merpati bisa terbang cepat, tapi juga bisa melambat.

  • Pilihlah merpati yang mempunyai bulu ekor cukup rapat, tebal, lentur, dan panjang.
  • Selain itu, dari bentuk bulu ekor juga bisa diketahui bagaimana cara turun dari merpati tersebut.

Itulah tips memilih merpati tinggian yang bagus dan prospek berdasarkan ciri-ciri khusus pada tubuhnya. Semoga bermanfaat.

 

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.