Membuat ramuan sari mengkudu untuk memaksimalkan suara kenari

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Mengkudu memiliki beberapa lokal seperti cangkudu, pace, kemudu, dan bengkudu. Mengkudu sudah lama dikenal sebagai tanaman obat / herbal. Selain buahnya, daun mengkudu kerap digunakan kicaumania untuk diolah menjadi ramuan yang sangat bermanfaat, khususnya untuk kenari. Berikut ini cara membuat ramuan sari mengkudu untuk memaksimalkan suara kenari

ramuan sari mengkudu untuk kenari
Daun mengkudu diyakini dapat menjadikan kenari rajin berbunyi dan bersuara kencang.

Di kalangan peternak unggas, daun mengkudu sering dimanfaatkan sebagai pakan tambahan untuk meningkatkan produktivitas ternak. Rekan-rekan kicaumania pun sudah lama  memanfaatkan daun mengkudu untuk meningkatkan kualitas suara burung kenari.

Daun mengkudu biasanya diberikan dalam kondisi masih mentah, dengan cara digantung di dalam sangkar harian burung piaraan. Silakan baca kembali refensinya dalam artikel Manfaat daun mengkudu untuk burung dan unggas lainnya.

Selain disajikan dengan cara digantung, daun mengkudu juga bisa diberikan sebagai air minum. Air hasil olahan daun mengkudu itu dikenal dengan sebutan ramuan sari mengkudu. Bahkan untuk menambah khasiatnya, rekan-rekan kicaumania menambahkan beberapa bahan herbal lainnya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Berikut ini beberapa macam sari mengkudu yang biasa diberikan kepada burung kenari, untuk memaksimalkan suara dan menjadikannya makin rajin berbunyi.

1. Ramuan sari mengkudu

Ramuan ini dibuat dengan cara merebus dua lembar daun mengkudu yang masih muda. Jumlah airnya cukup dua gelas saja.

Setelah matang, air rebusan disaring lalu didinginkan. Setelah dingin, ramuan sari mengkudu bisa langsung diberikan kepada burung kenari. Berikan ramuan ini secara berkala, setiap beberapa hari sekali.

2. Ramuan sari mengkudu dan jahe

Ramuan ini menggunakan beberapa bahan, yakni  2 lembar daun mengkudu, sepotong kecil ruas jahe, dan kayu manis.

Semua bahan direbus dalam dua gelas air penuh, lalu diaduk-aduk sampai mendidih dan berubah warnanya. Setelah didinginkan, air rebusan disaring dan bisa diberikan kepada burung setiap seminggu sekali.

3. Ramuan sari mengkudu dan sereh wangi

Ramuan ini cukup dikenal di kalangan pecinta kenari dan kerap disebut ramuan setan. Ramuan ini pertama kali dipopularkan oleh (alm) Bayu Pratama dalam grup komunitas kenari di FB. Ramuan ini makin populer karena khasiatnya sudah dibuktikan para kenari mania.

Cara membuatnya juga tidak sulit. Rebuslah 2 lembar daun mengkudu muda dan 1 batang sereh wangi dalam segelas air penuh. Setelah matang dan berubah warna, air rebusan disaring dan didinginkan. Ramuan ini sebaiknya diberikan setelah kenari dijemur. Berikan ramuan ini dua kali seminggu.

Itulah beberapa cara membuat ramuan sari mengkudu untuk memaksimalkan suara kenari. Selamat mencoba!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.