Memandikan burung tanpa repot dengan semprotan modifikasi

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Memandikan burung tanpa repot dengan semprotan modifikasi –Memandikan burung dengan cara semprot tekadang merepotkan. Pasalnya, tabung sprayer hanya akan bekerja jika dipompa. Betapa pegal tangan kita jika harus memompa sprayer berkali-kali saat memandikan beberapa ekor burung sekaligus.

memandikan burung
Modifikasi semprotan mandi burung.

Sekarang rekan-rekan kicaumania tak perlu repot dan pegal-pegal lagi saat memandikan burung piaraannya. Ada trik lama dari kicaumania.or.id yang sangat bermanfaat, yakni memodifikasi semprotan pompa bekas / rusak menjadi sprayer otomatis.

Selama ini, ada dua jenis sprayer / semprotan yang biasa digunakan untuk memandikan burung, yaitu model manual dan pompa. Meski cara penggunaannya berbeda, secara umum cara kerjanya hampir sama, yaitu memompa udara untuk menyemburkan air keluar dari dalam tabung sprayer.

Semprotan mandi biasanya digunakan ketika burung tidak mau mandi dalam karamba. Mandi semprot juga acapkali dilakukan sebagai bentuk terapi, misalnya terapi mandi malam maupun melatih agar burung cepat jinak.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Namun penggunaan semprotan sering membuat jari dan tangan mudah lelah, karena kita harus memompa tabung sprayer berkali-kali saat memandikan burung. Bagaimana jika jumlah burung lebih dari tiga ekor.

Agar memandikan burung menjadi lebih menyenangkan, kita bisa melakukan sedikit modifikasi pada semprotannya. Sebelumnya, pastikan kalau semprotan / sprayer yang akan dimodifikasi sudah tidak terpakai atau rusak.

Bahan baku dan peralatan:

  • 1 buah sprayer pompa yang sudah tidak terpakai
  • Selang air
  • Alat untuk memotong seperti pisau atau gergaji besi

Cara pembuatan:

memandikan burung

  • Potong pangkal sprayer dengan bantuan alat pemotong. Untuk mempercepat pemotongan, Anda bisa menggunakan gergaji besi.
  • Pisahkan potongan yang terdapat drat / ulir dengan mata sprayer.
  • Hasil potongan yang berulir dipasangkan pada ujung selang air yang telah disiapkan. Agar tidak gampang copot saat terkena dorongan air yang maksimal, maka potongan yang masuk ke dalam selang bisa ditempelkan dengan lem pipa atau dikencangkan dengan tali / kawat.
  • Setelah itu, pasang mata sprayer pada tempat semula.
  • Untuk memandikan burung, Anda tinggal memasangkan bagian ujung selang yang satu lagi pada kran air, lalu nyalakan.
  • Nah, apabila kekuatan air bisa diatur halus dan kencangnya, berarti Anda telah berhasil membuat sprayer mandi otomatis yang nggak bikin pegal.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.