Membuat alat pencetak voer dari bahan-bahan sederhana

Untuk menghemat pengeluaran, khususnya biaya pakan, rekan-rekan kicaumania dan peternak burung bisa membuat sendiri, termasuk voer. Keluhan utama mengenai pembuatan pakan voer adalah alat pencetaknya. Sebenarnya alat ini mudah didapatkan di toko-toko mesin maupun toko pertanian. Bahkan, kita pun bisa membuat alat pencetak voer dari bahan-bahan atau peralatan sederhana.

Membuat alat pencetak voer

Meski di pasaran banyak dijual voer dalam berbagai merek, tak sedikit kicaumania yang lebih suka membuat sendiri voer untuk momongannya. Selain lebih hemat, kualitas dan higienitas voer juga lebih terjamin.

Kalau Anda sering baca-baca artikel di omkicau.com banyak sekali tips dan panduan cara membuat voer racikan untuk pakan burung kicauan. Tak jarang dalam proses pembuatannya dibutuhkan sebuah alat untuk mencetak voer dalam ukuran yang sesuai. Kalau tidak, voer akan berukuran halus dan berbentuk seperti tepung / bubuk.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Banyak jenis dan model alat pencetak voer yang dijual di pasaran. Tapi tak semuanya bisa didapatkan dengan mudah di beberapa daerah. Sebagian besar peralatan tersebut dijual di toko-toko besar, atau hanya dijual melalui situs jual beli online.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa membuat sendiri alat pencetak voer dengan hanya memanfaatkan peralatan maupun bahan-bahan sederhana dan mudah didapatkan di sekitar rumah. Silakan pilih cara berikut ini yang terbaik menurut Anda:

1. Membuat cetakan dari kawat nyamuk

Kawat yang biasa digunakan untuk mencegah nyamuk masuk ruangan bisa digunakan sebagai alat untuk mencetak voer dalam ukuran kecil. Ukuran voer tersebut sesuai untuk burung pleci, ciblek, gelatik batu,, dan sebagainya. Berikut ini cara membuat cetakan voer dari kawat nyamuk:

Membuat alat pencetak voer
Alat cetak dari kawat nyamuk

2. Memodifikasi mesin penggiling daging

Alat / mesin penggiling daging pun dapat dimodifikasi menjadi alat pencetak voer, terutama untuk jenis burung yang berukuran besar seperti kacer, murai batu, cucak hijau, dan jalak.

Untuk memodifikasi alat ini tidak membutuhkan keterampilan khusus. Soalnya yang akan dibuat adalah plat cetakan yang akan dipasang di bagian depan dari mesin penggiling daging tersebut. Cara pembuatannya bisa disimak dalam tulisan di sini.

Membuat alat pencetak voer
Modifikasi alat penggiling daging

3. Menggunakan suntikan / alat suntik besar

Alat suntik yang berukuran besar bisa dimanfaatkan menjadi alat pencetak voer untuk burung-burung kecil. Caranya cukup mudah, yaitu membuat beberapa lubang kecil du bagian ujung suntikan.

Nantinya, voer racikan dimasukkan ke dalam tabung suntik. Apabila ditekan, maka voer akan keluar melalui lubang-lubang kecil tersebut.

Membuat alat pencetak voer
Alat suntik untuk mencetak voer

4. Modifikasi alat cetakan kue

Alat cetakan kue yang berbentuk seperti suntikan juga bisa dimodifikasi menjadi alat pencetak voer dalam berbagai ukuran. Caranya sama seperti pada penggunaan alat suntik, yaitu membuat beberapa lubang pada bagian ujungnya. Diameter lubang yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan.

Membuat alat pencetak voer
Alat cetak kue yang dibuat untuk mencetak voer

Nah, itulah beberapa macam cara membuat alat pencetak voer dengan memanfaatkan peralatan sederhana. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.