Kompak! Komunitas anis merah goyang HUT Kota Depok

Luar biasa! Itulah kalimat singkat kata yang layak diberikan kepada komunitas anis merah yang hadir dalam lomba burung berkicau HUT Ke-19 Kota Depok di Taman Merdeka, Depok, Kamis (10/5). Even ini melombakan berbagai jenis burung kicauan, termasuk anis merah yang terdiri atas tiga kelas dan semuanya full peserta.

komunitas anis merah
Komunitas Anis Merah Bogor (KAMB) ikut meramaikan HUT Ke-19 Kota Depok.

Sesi pertama anis merah dimainkan sekitar pukul 14.00, sedangkan sesi terakhir (ketiga) dimainkan usai kumandang adzan maghrib. Oara merah mania dari berbagai komunitas tetap antusias mengikuti lomba hingga usai. Kekompakan komunitas anis merah ini sudah terjalin lama. Satu sama lain tidak henti-henti menjalin tali silaturahmi.

Om Suroto selaku ketua panitia dan pemilik gantangan Taman Merdeka membenarkan, kekompakan sejumlah komunitas anis merah ini sudah terjalin lama. “Kami juga mendapat dukungan dari teman-teman JIP (Juri Independen Profesional) pimpinan Om Anto,” ujarnya.

Menurut Om Eka, koordinator Komunitas Anis Merah Bogor (KAMB), jalinan kerjasama antara event organizer (EO) dan komunitas memang harus terus digalakkan. Termasuk berbagi informasi tentang rencana lomba yang akan digelar.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

“Berbagi informasi lomba sangat penting, sehingga komunitas dapat membuat jadwal untuk kumpul di satu titik,” jelas Om Eka yang juga personel Black Metal Team.

kelas anis merah
Tiga kelas anis merah full peserta.

Ini sebagai antisipasi agar kita fokus pada satu even saja. Sebab KAMB punya tema: satu titik kumpul setiap minggunya dalam satu bulan. Dengan cara ini, setiap sesi anis merah selalu full gantangan. Ini sudah dibuktikan dalam berbagai even di Depok, Cibubur, Cileungsi, dan Bogor.

“Di Bogor, misalnya, ada 13 komunitas anis merah yang bernaung dalam KAMB. Tim-tim itulah yang dikoordinir, sehingga bisa mengirim perwakilannya. Misalnya dalam HUT Ke-19 Kota Depok, KAMB mengutus enam tim, masing-masing membawa lima sampai enam ekor anis merah,” tambahnya.

Keenam tim tersebut adalah Team Black Metal, Empat Lima, Merci Cibinong, Temborat SF (Bogor Barat), Single Fighter, dan NBF Bogor. Semuanya kumpul di sini, yang berefek luar biasa. Semua kelas anis merah full gantangan.

ngecas anis merah
Cas bareng anis merah sebelum naik gantangan.

Aksi menawan Kimcil Jahat dan Tombo Ati

Dalam gelaran HUT Ke-19 Kota Depok, anis merah anis merah Kimcil Jahat orbitan Om You Die (666 Black Metal Team) berhasil menjuarai Kelas Silaturahmi A, mengalahkan Ilusion besutan Om Risyam Nugraha (VK Sakha Team) dan Tombo Ati andalan Om Suwarno (Cibubur).

Anis merah Kimcil Jahat memiliki kelebihan antara lain isian rapat, kanan-kiri-tengah buangan teler doyong lebar, dan tungler dari awal hingga akhir. Volumenya juga tidak berkurang, tembus semua,” kata Om Eka.

Tombo Ati kemudian menjuarai Kelas Eksebisi, mengungguli Kimcil Jahat dan Combet besutan Pakle (KAMCB). Kelas Silaturahmi B dimenangi Joker milik Om Joko Pleci (Amred), disusul Tombo Ati dan Makau besutan Om Taufik (Merci).

Anis merah Tombo Ati

Anis merah Tombo Ati
Anis merah Tombo Ati milik Om Suwarno juara 1,2 dan 3.

Penilaian tiga sesi anis merah pun dianggap para peserta sudah fair. Para juri menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Terbukti semua perwakilan tim merasa puas, sehingga tidak ada komplain / protes dari para peserta. (Nanank KM)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.